Subscribe Us

WineD3D: Solusi Memainkan Game Lawas

Suatu hari saya sedang membuka data dalam CD/DVD koleksi data pribadi dan menemukan game yang sering dimainkan. Dan kali ini, saya ingin memainkannya kembali, bernostalgia dengan game kuno, di jamannya masih bocah 5 tahun, dengan PC Intel Pentium 4 dan game yang ngelag karena VGA yang tidak kuat.


Setelah game terinstal dan mulai jalankan gamenya, kok masih lag, ya? Sama seperti dulu. Game Platypus dari PopCap berjalan seperti gambar slideshow dikarenakan framerate yang rendah. Masa iya, Nvidia GT 730 2GB DDR3 tidak bisa menjalankan game kecil ini? Sedangkan The Witcher 3 bisa lancar!

Tidak hanya game Platypus, game buatan PopCap lain Heavy Weapon, juga mengalami keanehan seperti gambar berikut.

   
GPU 10jutaan juga tidak akan support 

Ketika saya coba aktifkan Hardware Acceleration, ternyata tidak bisa! Saya cari info lewat Google, dan menemukan banyak komplain serupa, terutama di forum Steam. 

Setelah ditelusuri saya menemukan solusinya dengan menggunakan WineD3D. Sebuah software yang mengemulasi DirectX lawas dan dijalankan pada OpenGL.

Saya sadar ternyata di Windows 10, DirectX9 ke bawah sudah mulai ditinggalkan, dan berfokus ke DirectX11 ke atas. Ini mengingatkan saya akan Windows Vista. Begitu juga dengan Windows XP, yang mulai meninggalkan program berbasis DOS.

Cara pakainya, pertama kenali dulu game butuh DirectX berapa? Bisa cari di spesifikasi game tersebut. Lalu baca instruksi di file Readme.txt.

Contoh pada game Heavy Weapon membutuhkan paling tidak DX7. Diketerangan Readme.txt, anda harus salin tiga file yaitu ddraw.dll, libwine.dll dan wined3d.dll.
Ada keterangan lebih lanjut untuk game DX7 pada Readme.txt, jika cara tinggal copy ini tidak berhasil.
Salin ketiga file tersebut ke folder instalasi game. Seperti gambar dibawah ini.



Selanjutnya jalankan kembali, game tersebut. Jika ada error mengenai DirectX berarti ada file yang kurang atau tertinggal. Dan akhirnya, saya bisa mengatifkan Hardware Acceleration. Dan game pun kembali lancar.


Diingatkan oleh developer-nya bahwa, software ini tidak bisa diterapkan pada semua game!
Perlu diingat bahwa software ini hanya untuk sistem operasi windows terbaru! Jika menggunakan OS windows XP tidak perlu ini untuk memainkan game di atas karena sudah kompatibel dengan bawaan OS. Anda bisa mendapatkan WineD3D di web resminya, atau klik link dibawah ini

DOWNLOAD
Web resmi | 1,96MB

Posting Komentar

0 Komentar