Subscribe Us

spacedesk: Android Jadi Monitor PC


Smartphone android mempunyai beragam fungsi selain menjadi sebuah ponsel atau asisten digital, bisa digunakan sebagai monitor PC. Emang bisa? Coba lihat aplikasi yang satu ini! spacedesk dapat merubahnya dengan mudah hanya yang dibutuhkan adalah koneksi berupa kabel USB Tethering atau wifi hotspot.

Jadi awalnya karena monitor lama sudah tidak mendukung untuk produktifitas saya sekarang, dan butuh monitor baru untuk tetap bekerja. Seperti saat ini, artikel ini ditulis menggunakan smartphone sebagai layarnya. Kalau bisa, kenapa tidak? Sembari mengunggu gajian untuk nantinya dibelikan monitor baru, dan pekerjaan pun tidak terhambat.

Langsung saja berikut caranya:
1. Langkah pertama tentu harus untuk aplikasinya baik untuk Android dan PC.


Android: Google Playstore | Windows: spacedesk.net

2. Instal keduanya pada masing-masing platform.
3. Koneksikan PC dan smartphone tentunya menggunakan media yang tersedia. Ada dua pilihan cara menghubungkannya yaitu Hotspot mudah tanpa kabel tapi lag. atau USB Tethering, tanpa lag tapi repot kabel.

Menggunakan hotspot android

Terdeteksi! Baik kabel atau wireless.

4. Dari sisi PC atur Android ini sebagai duplicate, atau extended monitor.


5. Pengaturan dari sisi Android adalah jumlah bandwidth atau kualitas hasil streaming dari PC.

Quality. Sesuai namanya setting kualitas streaming dan warna yang dihasilkan. semakin bagus maka akan semakin berat beban android. Disarankan biarkan secara default.

Resolution. Sesuaikan resolusi yang akan dipakai di Android. pastikan resolusi mendukung agar hasil tampilan jernih. atau biarkan secara default dengan native resolution.

Touchscreen. Jadikan monitor bisa touchscreen. Wow!

Rotasi. Potrait? atau Landscape?

Koneksi. Lebih baik biarkan saja.


Cukup mudah bukan? tapi ada syaratnya. Aplikasi ini dapat berjalan di device android manapun dengan versi android 4.1 ke atas. Jadi anda bisa memanfaatkan smartphone atau tablet  yang ukurannya lebih besar menjadi monitor tambahan.

Terlihat pada foto pertama saya gunakan sebagai monitor PC utama! Syarat PC harus sudah otomatis bisa terkoneksi jika ada hotspot dari smartphone, atau wifi dari akses poin, pada saat masuk Windows. Wifi yang aktfi pada PC umumnya akan otomatis konek dalam waktu kurang dari 30 detik.

Ada kekurangan dari aplikasi ini. Jika terkoneksi menggunakan hotspot smartphone kadang terjadi lag. Dan diperparah dengan aktifnya koneksi lain, seperti Data atau Bluetooth. menyebabkan Lag parah, glitch, atau bahkan tidak respon sama sekali.

Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terimakasih telah membaca!

Posting Komentar

1 Komentar

  1. The post is written in very a good manner and it contains many useful information
    for me.spacedesk

    BalasHapus

Cara Berkomentar
1. Kolom komentar akan aktif jika sudah login ke akun Google Anda
2. Gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti
3. Tiap komentar yang terkirim akan dimoderasi (dibaca admin)
4. Jika merasa komentar ditolak, baca ini: Bantuan dan Dukungan