Subscribe Us

5 Music Player Android

Musik player bawaan dari OS biasa terintegrasi dengan ROM yang terpasang. Seharusnya sudah cukup untuk memutar semua koleksi file musik yang dimiliki. Tapi karena tidak semua orang memiliki selera yang sama maka diperlukan musik player alternatif untuk menggantikan yang sudah ada. Dan berikut lima aplikasi musik player terbaik pilihan AirFie.

1. PowerAMP (recomended)

Belum tergantikan. Aplikasi satu ini terbaik yang ada di Playstore karena berbeda dari semua aplikasi yang ada yang membuatnya menjadi nomer satu! Bagaimana tidak hasil suara yang dikeluarkannya begitu apik. Dengan treble yang jernih, bass yang nendang, yang keduanya bisa disetting sesuai keinginan. Di versi ketiga ada perubahan besar pada sisi navigasinya yang di permudah dengan gaya swipe, interface yang diberikan simple, dan fasilitas yang tidak banyak tapi membantu karena umumnya kebiasaan orang menggunakan smartphone untuk musik. Ini adalah contoh aplikasi yang berhasil, di sisi tampilan, navigasi, dan keluaran suara ketiganya bisa dicapai dengan sangat baik! Bila anda pengguna n7Player dan beralih ke PowerAMP maka anda akan menemukan kualitas yang 2x lebih baik.

Anda bisa mencobanya secara gratis selama 15 hari. Setelahnya anda harus membeli untuk penggunaan seterusnya. Belilah karena memang pantas aplikasi ini untuk menjadi yang nomer satu. Jangan pikirkan untuk mencari versi bajakan, karena developer aplikasi yang satu ini memang hebat, karena untuk PowerAMP belum ada yang berhasil menjebol sisi keamanannya!

2. AIMP

Multi-playlist tidak terbantahkan. Jika anda pengguna PC maka tidak asing lagi untuk aplikasi bikinan orang rusia satu ini. AIMP musik player yang terkenal dengan multi playlist dan kompatibel dengan banyak plugin. Aplikasi yang merupakan revolusi dari WinAMP pada PC kini hadir di Android. Walau padahal kabar sebelumnya sang developer tidak ada rencana untuk merilisnya di Android. Jika anda orang awam atau pengguna AIMP di PC, maka anda akan menemukan navigasi yang mirip dengan yang di PC atau kebanyakan aplikasi pemutar musik di PC. Tapi jika anda pengguna android yang belum pernah sentuh PC, maka akan sedikit bingung. karena anda harus mengimpor musik ke playlist terlebih dahulu, bukan langsung tap file musik untuk mendengarkannya seperti kebanyakan aplikasi musik player android.

Memiliki fasilitas seperti plugin dan equaliser yang bagus di PC saya temukan berbeda, ketika saya coba di smartphone Xiaomi Redmi 4A ternyata hasil keluaran suara tidak sebaik di PC bahkan equalizer yang terkesan berlebihan hanya menaikan sekitar 3dB menghasilkan distorsi suara. Jika anda tidak peduli dengna qualizer bisa matikan dan nikmati multi-playlist ternyaman menurut saya pribadi.

Saya coba di smartphone Evercoss one X, paranya terjadi pada suara bass, terkesan lemah seperti botol minum yang dipukul. Dan equalizer tidak banyak membantu.

3. n7Player

Beda dari yang lain. Pertama kali menggunakan aplikasi ini adalah satu yang paling terasa beda adalah cara navigasi file musik yang berbeda dengan yang lain. Umumnya file dan player terpisah seperti bawaan dari ROM. Tapi ini dijadikan satu, dan ditampilkan semuanya dalam tampilan utama. Navigasi file musik dengan gaya text cloud. Hal tersebut membuat anda orang awam harus belajar navigasi aplikasi satu ini. Disisi player dia memiliki auto normalizer, ini yang membuat saya suka, fitur tersebut menjadikan semua suara setara. Jadi ketika anda memiliki file musik yang suaranya rendah dan tinggi maka secara otomatis akan disetarakan. Jadi tidak perlu lagi pencet-pencet tombol volume. Terlebih lagi memiliki preset yang memiliki karakter berbeda-beda. Selain itu bass dan treble booster yang berbeda dengan yang lain, benar-benar lebih terasa dari kebanyakan musik player biasa. Versi gratis bisa anda dapatkan dan juga iklannya.

Saya coba di Evercoss one X dan Xiaomi Redmi 4A. Dari kedua smartphone tersebut hanya redmi 4A yang mengalami masalah anehnya terjadi stuttering saat memutar musik. Mungkin tidak cocok dengan costum ROM dan versi android 9.

4. Shuttle
Lebih baik dari bawaan ROM. Aplikasi musik pertama saya pengganti Walkman dan Google Music pada smartphone Sony Ericson Typo. Satu yang membuat saya pindah ke aplikasi ini adalah karena dari sisi navigasi yang mudah dengan folder view. Selain itu tampilan yang modern, dan qualitas equalizer yang lebih baik. Selain itu aplikasi ini ringan untuk smartphone dengan spek rendah. Selebihnya sama saja dengan kebanyakan aplikasi pemutar musik.

Saya coba di Xiaomi Redmi 4A, keluaran suara tidak sebaik di SE Typo. Malah seperti musik player biasa.

5. Musicolet

Murni sebuah musik player. Apa yang anda harapkan dari musik player? Tentu dapat memutar koleksi musik yang tersimpan pada smartphone anda bukan? Tapi aplikasi ini memberikan lebih! Dari sisi tampilannya yang begitu sederhana ternyata sangat mudah untuk bernavigasi, tidak perlu waktu lama untuk mempelajarinya. Ini adalah salah satu aplikasi musik yang navigasinya paling mudah, dari pada yang lain. Fitur tidak banyak, yaitu bebas dari koneksi internet dan iklan! Bicara soal hasil keluaran suara, tidak bisa berharap lebih karena hasilnya sama dengan kebanyakan aplikasi musik bawaan atau yang lainnya di Playstore.

Itulah aplikasi lima terbaik menurut AirFie dari banyak aplikasi di Playstore yang pernah dicoba. Perlu dicatat juga, tidak semua aplikasi di atas bisa cocok dengan smartphone anda. Karena aplikasi musik bisa menghasilkan suara yang berbeda tergantung dari hardware dan driver yang dipakai. Jika anda pikir ada aplikasi yang terlewatkan, bisa anda tambahkan dengan cara berkomentar dibawah artikel ini!

Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terimakasih telah membaca!

Posting Komentar

0 Komentar