Subscribe Us

Cara: Mencegah Windows 10 yang Rakus, Makan Kuota Internet

Selama ini memakai android sebagai hotspot yang digunakan pada PC sangatlah praktis. Cukup aktifkan hotspot dan koneksikan PC ke WiFi. Tetapi akan menjadi neraka tersendiri jika kuota habis disedot oleh windows. Terutama windows 10 dengan update otomatisnya! Agar kejadian yang saya alami tersebut dapat dihindari oleh orang yang membaca artikel saya ini saya berikan acaranya sebagai berikut.

Windows mengalokasikan 20% bandwith untuk sistem update. Jadi jika bandwidth 1MBps, maka 200KBps akan digunakan secara tersembunyi oleh windows untuk keperluan update sistem. Entah yang di-update itu apa saya tidak tahu, karena tidak ada keterangannya.

1. Mematikan Windows Update dari Windows Services.

Ketikan Services pada menu windows.


Dan cari dan klik dua kali Windows Update. Pilih Startup type: Disabled, dan  klik tombol stop, dan klik OK.


Selesai tutup Windows Services.

2. Aktfikan Metered Connection

Aktifkan Hotspot tapi Data tetap dalam keadaan mati. Karena kalo tidak terkoneksi setting tidak bisa dibuka. Dilanjutkan dengan langkah kedua, Setting Network. Buka Windows Settings. Klik Network & Internet.



Menu Status akan menampilkan wifi/hotspot yang dipakai dan klik pada tombol Properties. Scroll ke bawah cari Metered Connetion, dan aktifkan.


Itu saja sudah cukup. Tapi jika anda takut kebablasan, atau lupa waktu, atau takut kuota jebol maka lanjutkan ke langkah ketiga. klik Set a data limit to help... akan kembali ke menu sebelumnya.

3. Batasi Pemakaian Kuota pada Komputer

Kali ini klik tombol Data usage.




Bisa dilihat siapa yang paling menghabiskan kuota paling banyak. Ternyata system, tapi tidak dijelaskan untuk apa, dan saya rugi 4GB dari kuota 8GB. Karena kebodohan saya yang lupa memperhatikan setting network windows. Klik Enter limit  untuk mulai setting data limit.


Isikan sesuai kebutuhan. Bagi saya pribadi 1GB selama sebulan, karena aktifitas browsing internet saja. Jadi setelah konsumsi 1GB akan otomatis terputus, atau komputer berhenti mengkonsumsi internet. Tapi kalau masih khawatir, pada Android juga bisa disetting data limit.


Selesai sudah cara setting network untuk hotspot, baik modem, mifi, atau pun hotspot android, atau smartphone lain. Dan yang terpenting adalah, jangan sekali-kali ganti nama / SSID WiFi. Karena Jika SSID berubah, maka setting network di atas akan kembali ke default-nya atau jadi unlimited. Dan kuota internet bisa jebol lagi. Dan ini yang terjadi pada saya sendiri, karena setelah flash ROM update terbaru lupa setting Hotspot.

Perbedaan build pada windows terdapat perbedaan pada tampilan menu atau penamaan, tapi intinya sama saja.
Untuk membatasi kuota internet dari Android bisa baca artikel sebelumnya klik disini.

Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terimakasih telah membaca!

Posting Komentar

0 Komentar