Subscribe Us

CARA: Mematikan Windows S Mode Agar Bisa Instal Software


Pagi itu saya mendapatkan sebuah keluhan bahwa laptop ini tidak bisa membuka aplikasi, dan tidak bisa juga untuk instal aplikasi. Keterangan menunjukan bahwa windows beroperasi pada S Mode. Apa itu? Sebuah fitur keamanan ganda dari windows yang memberikan tambahan lapisan keamanan. 

Jadi Tidak semua orang bisa melakukan aktivitas selayaknya admin pada komputer yang terpasang fitur ini. Hampir mirip dengan Guest account. Hanya saja lebih dibatasi, seperti tidak bisa instal sembarang aplikasi melainkan harus dari Windows Store. Lebih parahnya lagi segala macam aplikasi diluar Windows store juga tidak bisa jalan, bahkan aplikasi asli bawaan windows. Walaupun opsi security pada control panel dan setting windows sudah di non-aktifkan.

Lapisan security akun windows
  1. Account (guest, standard, admin) = windows XP
  2. UAC (User Account Control) = Windows 7
  3. Smart Screen = sebelumnya di IE sejak win 7, tapi tidak menyeluruh seperti win 8
  4. S Mode = Windows 10, smartscreen dan UAC sangat ditekankan.
fitur SmartScreen, memberikan informasi aplikasi yang akan dijalankan.

Ini menarik, karena bisa membatasi penggunaan komputer lebih lanjut. Seperti halnya virus dapat dicegah lebih dini. Mengingat di halaman internet banyak iklan yang tidak sengaja anda klik, dan mengunduh dengan sendirinya secara tidak kasat mata menjebak user, seperti contohnya ransomware. Contoh lain adalah sistem parental control, jika anak anda menggunakan komputer, maka mereka tidak bisa sembarangan, dalam artian jika mereka membutuhkan sesuatu atau aplikasi harus dengan seijin orang tuanya. Seperti halnya sebuah game yang memuat konten dewasa dapat dibatasi dan dikontrol oleh orang tua. Contoh lain lagi adalah ketika cabut-colok flash di komputer umum seperti warnet, sekolah, atau bahkan kantor, yang mana maintenance hanya dilakukan oleh sedikit orang atau jarang di maintenance. Hal tersebut membuat rawan terhadap serangan virus yang menyebar lewat media USB.
  • Dari kasus di atas, saya rasa ini membawa dampak positif bagi user yang menggunakan komputer hanya sekedarnya atau dalam batasan tertentu. Ini meminimalisir kegiatan maintenance, karena tidak banyak perubahan yang di alami oleh windows itu sendiri. hal tersebut menjadikan komputer sebuah device layaknya televisi, atm, atau bahkan microwave. Maksudnya adalah digunakan untuk fungsi tertentu saja. 
Saya rasa ini lebih cocok untuk dipakai pada device semacam tablet atau smartphone, layaknya android yang memiliki fitur root. tapi kenapa pada PC desktop atau laptop juga aktif secara pre-install?

Bagi admin sendiri atau advanced user ini adalah musibah yang maka ketika membutuhkan maintenance atau perbaikan dikala terjadi kendala, dan windows store tidak dapat diakses terlebih membutuhkan internet, maka tidak ada jalan keluar kecuali instal ulang tanpa fitur S mode. Hal tersebut seperti menjadi sebuah senjata makan tuan bagi pengguna yang menginginkan kebebesan.

Jika anda tidak menyukai fitur ini dapat anda hapus via Windows Store, dan untuk menonaktifkan fitur ini butuh akun microsoft, dan tentunya anda bisa membuatnya secara gratis. Persis seperti anda membuat akun Google untuk android. Selain itu windows store harus ada, dan terkoneksi dengan internet.



Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terimakasih telah membaca!

Posting Komentar

0 Komentar