Subscribe Us

API Wrapper: Solusi Kompabilitas Gaming


Intel akhirnya merilis GPU mereka yang dikenal dengan Arc. Sebagai pemain baru dalam industri gaming, maka tentu yang menjadi masalah adalah kompabilitas. Tidak semua game dapat berjalan dengan lancar, ada masalah driver, setting sana-sini, ada juga yang tidak jalan sama sekali. Ini mengingatkan saya saat di jaman CPU Intel Pentium4 saat baru rilis, yang mana motherboard memiliki iGPU yang tidak semua memiliki fitur untuk memainkan game, baik yang baru atau yang lawas sekalipun. Tapi ini bisa diakali dengan sebuah emulator GPU, dan game berjalan dengan semestinya. Sepertinya sejarah terulang kembali.

BACA: Emulator GPU

Tapi post ini saya tidak akan membahas GPU Intel Arc, tapi sebuah API wrapper yang dapat menjadikan game lawas atau baru dapat dimainkannya. 

“API (Application Programming Interface) sebuah rangkaian instruksi yang digunakan untuk komunikasi antar software.”

Karena yang dibahas adalah game, tentu sudah kenal dengan yang namanya DirectX dari Microsoft yang digunakan pada PC Windows dan konsol XBOX. Untuk menjalankan game pada windows dibutuhkan API DirectX, yang akan menerjemahkan serangkaian code yang dibuat dalam game agar bisa berinteraksi dengan Player, berupa grafis, text, suara, dll. Contoh lainnya adalah pengguna Linux menggunakan OpenGL. Keduannya sudah menjadi standar masing-masing OS.

Namun seiring perkembangan teknologi, Windows 11 yang menggunakan DX12, sudah mulai meninggalkan DX11, begitu juga dengan developer game. Maka game lawas akhirnya kurang cocok atau muncul error. Kalau pada konsol seperti PlayStation 2 tidak bisa memainkan game PS1. Dan diketahui juga bahwa game pada konsol tidak bisa dimainkan pada PC secara langsung, tapi menggunakan emulator. Karena keterbatasan ini maka dibutuhkan API yang mampu menjembatani kekurangan satu sama lain sehingga mampu dijalankan pada platform yang berbeda. Dan akhirnya masuk keinti pembahasan post ini.


“API Wrapper. Sesuai namanya, membungkus (penerjemah) sebuah API agar dapat dijalankan pada API lain.”


dgVoodoo dan Glide ke DirectX

Kembali ke masa lalu, dimana Pentium4 lahir, dan dimulainya gaming 3D.  Ada sebuah GPU bernama 3DFX, ATI, Nvidia, dan iGPU S3, VIA, SiS, dll. Mereka masih dikenal dengan sebutan VGA. Maka jika ada sebuah game yang optimal pada sebuah VGA tersebut, tapi dimainkan di VGA lain akan menjadi tidak kompatible atau penurunan performa. Dan ternyata ini masih terjadi sampai sekarang. Untuk memainkan game lawas agar optimal maka diperlukan API ini. Karena jika dimainkan langsung menggunakan DX yang terjadi adalah game tidak jalan sama sekali, atau ada glitch, efek visual yang hilang, atau bug suara, dll.


Game Need for Speed II SE dapat berjalan normal dari yang tidak jalan sama sekali. karena game ini membutuhkan 16bit warna yang mana sekarang ini sudah tidak kompatibel.

DOWNLOAD

DgVoodoo / nGlide


OpenGL ke DirectX

Masih di game lawas seperti GameHouse atau PopCap yang tidak semua jalan karena menggunakan API lawas seperti DX7 atau DirectDraw. Pada windows 10 yang sudah meninggalkan DX9, ini sudah tidak cocok dan mulai bermasalah. DirectPlay masih bisa diaktifkan tapi kadang gagal juga. Sehingga ini menjadi solusi yang efektif. Menjalankan game DX lawas dengan OpenGL. Ini biasa digunakan pada OS Linux, tapi bisa juga digunakan pada Windows.

Game Bully dapat berjalan lancar menggunakan wrapper ini. Tanpa itu, terdapat glitch, error loading, dan visual dalam ruang sekolah lantainya tidak render.


DOWNLOAD

DXGL / WineD3D


DirectX ke Vulkan

Nah ini yang menjadi solusi dari GPU Intel Arc. Hampir semua game dapat berjalan normal dengan wrapper ini. Baik yang lawas atau yang baru. Tapi tidak semua GPU dan game mampu menjalakan API vulkan dengan baik. Ada yang  menambah performa, ada juga yang sebaliknya jadi memperparah performa.


Pernah saya coba Vulkan pada game DOTA2 berjalan lebih baik, tapi tidak pada game Race Driver: Grid, walaupun FPS drop sedikit tapi memperbaiki glitch visual.

DOWNLOAD

DXVK


Vulkan ke Metal

Solusi agar Mac bisa gaming ya ini, agar API vulkan dapat diterjemahkan oleh API Metal sehingga game bisa jalan. Saya sendiri bukan pengguna Mac jadi selebihnya tidak tahu mengenai ini.


DOWNLOAD

MoltonVK


Sebenarnya untuk PC windows bisa menggunakan fitur kompabilitas, sebagai langkah pertama. Jika tidak berhasil maka menggunakan API wrapper adalah langkah selanjutnya. Solusi ini adalah yang terbaik, dari pada menggunakan emulator atau mesin virtual, karena yang terjadi adalah lebih memberatkan kerja CPU. Sehingga mengurangi kinerja dari game itu sendiri, membuat pengalaman gaming menjadi tidak nyaman.

Penggunaan API wrapper ini sangat mudah, hanya dengan menyalin wrapper yang dibutuhkan kedalam folder game itu sendiri. Jika game 32bit dan DX9 maka tinggal pilih file tersebut dan tempatkan bersama dalam folder game yang berisi .exe game tersebut. Selebihnya baca petunjuk yang diberikan oleh pembuat software masing-masing!

Terakhir, wrapper ini sangat bermanfaat terutama saat ini dengan GPU Intel Arc yang performa jauh lebih baik dari pada AMD atau Nvidia. Disamping itu driver yang masih berkembang dan menuntut semua hardware baru. Namun sayang, harganya di negara ini tidak lelbih murah daripada kubu sebelah. Dan juga mata uang IDR yang terus merosot menjadikan GPU baru ini ditinggalkan.

DOWNLOAD

mirror - mediafire


Selebihnya bisa wrapper alternatif bisa didapatkan di sini: Glossary Display wrapper

Posting Komentar

0 Komentar