Subscribe Us

Arsip 7zip: Kompres, Ekstrak, Pecah

Sebenarnya windows mulai dari XP, sudah mendukung format arsip .zip yang bisa dibuka melalui windows eksplorer. Hanya format itu saja, dan tidak ada fitur kompresi, hanya arsip saja.

Software arsip ini pada umumnya memiliki fungsi arsip, kompresi, dan pemecah. Dalam tutorial kali ini saya menggunakan 7zip, tapi pada dasarnya sama saja pada software lain seperti winRAR atau sejenisnya.


Sebelum melakukan pengarsipan atau kompresi sebaiknya ada ruang kosong pada disk 2x dari kapasitas file tersebut. Karena file original akan disalin dalam bentuk format baru dengan kapasitas yang sama atau lebih sedikit.

Arsip

Sebenarnya ini seperti menyimpan dalam folder saja. Bagi orang yang hanya ingin menyimpan file dalam bentuk arsip, tanpa kompresi sehingga proses lebih cepat. karena file didalamnya tidak terlalu penting.


File bisa dalam pilihan satuan, atau dalam folder. klik kanan file tersebut pilih 7zip - add to archive


Pada baris teratas menunjukan lokasi dan nama file. Baris kedua dibawahnya ada pemilihan format biarkan 7zip. Lalu baris ketiga untuk pengarsipan pilih compression level: 0 - store. Dengan demikian tidak membebani CPU dan disk.

hasil akhir dalam arsip .7z

Bisa juga untuk memanfaatkan fitur enkripsi (password) untuk melindungi file didalamnya. Seperti halnya file sensitif seperti crack sebuah game, atau sample virus yang distribusinya secara online. Ini perlu karena hosting atau server penyedia layanan cloud sudah dapat memindai file dalam arsip.

untuk keamanan bisa tambahkan password

soal password yang penting tidak lupa


Kompresi

Kompresi adalah proses pemadatan sebuah file. Bertujuan mendapatkan sebuah file baru  yang berukuran lebih kecil. Bisa karena ruang penyimpanan yang mulai penuh, atau bandwith server yang terbatas.

Contohnya adalah game conflict desert storm yang pertama sudah dalam keadaan terinstall.


Langkahnya sama seperti pengarsipan. Tidak banyak yang perlu diubah cukup gunakan preset yang disediakan. Hanya compression level diubah menjadi maximum atau disesuaikan dengan kemampuan komputer.  


CPU, RAM, dan disk akan terbebani selama proses kompresi. jika disetel diluar kemampuannya bisa jadi proses kompresi sangat lama, tidak menghasilkan kompresi, atau bahkan tidak jalan sama sekali.

Dan hasilnya seperti itu, game yang berkapasitas 923MB menjadi 287MB hemat sekitar 70%.

Tapi perlu diketahui bahwa tidak semua file dapat dikompres menjadi ukuran yang lebih kecil darinya. File yang akan dikompres dalam keadaan raw/original. Jika sudah terkompres lalu dikompres lagi, hasilnya sekitar 1-3% saja.


Memecah file

Memecah file juga penting saat distribusi sebuah file. Bisa karena batas bandwith atau server hanya menerima file maksimal 200MB. Maka dari itu saat perlu mengirimkan file sebesar 1GB, sedangkan dibatasi hanya 200MB, maka perlu memecah arspi menjadi 5 bagian.

Pada contoh kali ini adalah software HirenBootCD.iso yang berkapasitas 594MB dan akan dipecah menjadi 100MB per bagian.

Langkah awal sama seperti pengarsipan. pilih file yang akan diarsipkan dengan klik kanan file tersebut pilih 7zip - add to archive... dan menu yang sama akan muncul.

Kedua ini penting, untuk membuat folder kosong untuk menampung hasil pecahan file. Dan kali ini saya hanya melakukan pengarsipan tidak melakukan kompresi.


Ketiga adalah mau dipecah menjadi kapasitas berapa? dalam contoh ini menjadi 100MB dari 594MB. Jumlah pecahan akan terjadi secara otomatis.


Dan hasilnya menjadi 6 bagian, dan untuk membuka file dalam part tadi harus dimulai dari part 001


jika dibuka selain dari part pertama maka akan muncul file tidak dikenali seperti berikut:

Kekurangan dari pemecahan file ini adalah saat proses upload/download jika terjadi gangguan koneksi file bisa rusak (korup) sehingga harus upload atau download ulang.


Ekstrak file

Ekstrak maksudnya adalah membongkar file yang sudah dipaketkan (unboxing). Jadi file didalamnya dapat diakses lebih mudah. ini diperlukan saat file arsip adalah sebuah software atau game yang berupa installer, atau file dalam bentuk pecahan yang harus disatukan kembali untuk mengaksesnya.

Caranya yang cukup mudah cukup klik kanan file arsip tersebut dan pilih 7zip dan... ada dua pilihan


Extract here
artinya buka arsip di tempat ini. Gunakan ini jika isinya hanya satu folder yang berisi file atau satu file saja.

Extract to *namafile* artinya buka arsip tapi buat folder dulu dengan nama yang sama dengan nama file. Gunakan ini jika isi arsipnya beberapa file tanpa folder. Agar file tidak tercecer atau bercampur dengan lainnya saat selesai ekstrak.

PENTING!
Pada beberapa arsip dengan tingkat kompresi yang sangat tinggi, diperlukan software arsip yang direkomendasikan oleh pembuatnya. 
Pada suatu kasus arsip .7z ini hanya bisa extract menggunakan 7zip meskipun winRAR bisa! dan begitu juga sebaliknya. Jadi baca atau tanyakan cara membuka file arsip tersebut. Apa jadinya jika ngeyel? proses ekstrak berjalan akan error!

Posting Komentar

0 Komentar