Subscribe Us

Ventoy: Multi-Boot Drive dengan 1 Klik

Software ini sama seperti rufus yaitu membuat sebuah bootloader dalam disk. Bedanya, ventoy melakukan instalasi bootloader pada disk di partisi yang terpisah. Drive yang akan dipasang software ventoy akan dipartisi menjadi dua. Satu untuk bootloader, dan satunya lagi untuk penyimpanan. Dengan begitu USB drive digunakan untuk menyimpan data, meskipun dalam sistem operasi live, dan inilah kelebihan Ventoy

Partisi bootloader ini tidak memakan banyak kapasitas, ya paling 100MB. Bootloader ini sifatnya sama yang dipakai pada linux (GRUB), jadi bisa universal atau dapat dijalakan pada komputer lawas atau baru dengan sistem BIOS dan UEFI.

Tidak seperti rufus jika disk dilakukan format maka bootloader hilang. Ini dicegah dengan partisi tersebut. Sehingga venoty akan tetap ada meskipun disk terformat ulang, atau terkena virus juga tidak akan mempengaruhi software ini. Terutama antivirus smadav yang suka mengganti file bootloader dengan kepunyaanya.

PERINGATAN!

Sebelum instal Ventoy baiknya backup dulu data penting yang ada di dalam USB drive, karena kan dilakukan partisi dan format. Sebab kedua proses tersebut akan menghapus semua isi yang ada di dalam USB drive.



Cara instalasinya juga sangatlah mudah. Tinggal jalankan softwarenya, dan pilih device (USB Drive), kemudian instal. Prosesnya pun terbilang cepat.


  • Ventoy in Package = versi software ventoy yang dijalakan
  • Ventoy in Device = untuk pertama kali instal bagian ini kosong. setelah terinstal akan muncul yang menandakan versi ventoy.
  • Update = untuk instal ke versi terbaru, jika versi yang kanan berbeda.

Kemudian agar bisa booting ke OS masukan file .iso sistem operasi yang diinginkan, ke dalam disk storage. Maksudnya di tempat menyimpan data, bukan di partisi bootloader. Karena bukan di partisi bootloader, jadi bisa memasukan lebih dari satu OS. Sehingga saat booting hanya akan menampilkan daftar bootable file, selain itu tidak akan tampil.


DOWNLOAD

Official Web


Beberapa kasus untuk komputer lawas, tampilan bootloader akan mengalami distorsi pada warna disebabkan oleh sistem motherboard yang warnanya hanya mampu 8bit. Sedangkan background booloader 32bit. Ini tidak mempengaruhi proses, hanya tampilannya yang jelek menjadi mengganggu.

Untuk mengembalikan USB Drive dengan partisi aslinya, menggunakan software partisi manager seperti mempartisi HDD. Cukup hapus semua partisi agar menyatu kembali dan lakukan format.

Posting Komentar

0 Komentar