Subscribe Us

Guide: Memilih Harddisk External


Dulu flashdisk menjadi tempat penyimpanan yang populer karena ringan, mungil, mudah dibawa dan memiliki kapasitas yg memadai. Tapi seiring berjalannya waktu kebutuhan akan kapasitaspun bertambah, akhirnya flashdisk tergantikan oleh harddisk external yang memiliki kapasitas lebih besar.

Beragam merk kapasitas dan fitur yg beragam, sering kali membuat anda bingung untuk memilih harddisk external mana yg akan anda beli. Sebelum anda membelinya, ada baiknya anda menyimak post saya kali ini. Post kali ini saya akan memberikan tips memilih hdd ext, agar anda tak menyesal kemudian hari. Berikut tips memilih hdd ext.

KAPASITAS

Jelas terlihat dengan label di bungkusnya. Pilihan mulai dari 500GB. Belilah yang sesuai kebutuhan Anda. Storage external ini akan jarang digunakan karena untuk kebutuhan backup atau transfer file besar atau banyak dan aman, yang mana sebuah flashdisk tidak mampu melakukannya.

REPUTASI SEBUAH MERK

Ini penting lakukan pencarian kualitas harddisk pada merk pilihan anda 5 tahun kebelakang. Sebab kemungkinan anda mendapatkan produk yang produksi 3 tahun kebelakang dari tahun sekarang.

INTERFACE

USB 2.0 atau USB 3.0 atau USB 4.0? Pilihlah Interface yang paling terbaru. Bermaksud agar lebih panjang umur, dan kecepatan transfer yang tinggi. kecepatan USB yang terbaru bisa menyaingi kecepatan SATA3.

DIMENSI

Jika storage external ini tidak sering untuk dibawa (mobile), tentu dimensi bukan sebuah masalah. Beda ceritanya ketika anda sering berpergian dan menggunakan storage external sebagai tempat backup, seperti halnya vlogger, maka dibutuhkan dimensi yang seringkas mungkin dan seringan mungkin agar tidak makan tempat dalam dimana anda menyimpannya.

HDD/SSD

Tahan banting adalah yang diperlukan ketika anda sering menggunakannya ketika berpergian. Maka jawabannya adalah SSD, malah iya, tapi resiko kerusakan karena kesalahan manusia mini. Karena SSD basisnya flash memory seperti flashdisk. Sedangkan HDD membutuhkan proteksi khusus pada casing-nya agar tahan banting, tapi tidak menjamin 100% selamat seluruhnya.

Komparasi HDD vs SSD, seperti halnya anda mengkomparasi kapasitas vs kecepatan. Tentu tidak tepat. HDD lebih ke kapasitas dan durabilitas baca-tulis. Sedangkan SSD lebih ke kecepatan akses, dan tahan banting.

BELI BARU!

Usahakan beli storage external ini dengan kondisi yang baru. Karena anda akan memakainya dalam jangka yang lama, karena jarang dipakai. Dalam waktu itu, juga ada garansi. Jadi ketika ada masalah dengan storage tersebut, padahal jarang dipakai, dan masih dalam masa garansi, maka itu aman. 

Berbeda dengan beli barang bekas, yang mana sejarah pemakaiannya bagaimana, dan bagaimana pula perawatannya, garansi pun tidak jelas, dan seringnya mendapatkan harddsik produksi lawas 5-10 tahun kebelakang. Umur barang ini acak, jadi untung-untungan. Meskipun begitu, keputusan tetap ada pada anda.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan, memilih HDD external memang susah-susah gampang tetapi itu semua Anda yang dapat menentukannya. Bila ada pertanyaan silahkan berkomentar dibawah post ini pada kotak komentar. Sekian dari saya dan semoga membantu.

Posting Komentar

0 Komentar