Guide: Memilih Harddisk External

Dulu flashdisk menjadi tempat penyimpanan yang populer karena ringan, mungil, mudah dibawa dan memiliki kapasitas yg memadai. Tapi seiring berjalannya waktu kebutuhan akan kapasitaspun bertambah, akhirnya flashdisk tergantikan oleh harddisk external yang memiliki kapasitas lebih besar.

Beragam merk kapasitas dan fitur yg beragam, sering kali membuat anda bingung untuk memilih harddisk external mana yg akan anda beli. Sebelum anda membelinya, ada baiknya anda menyimak post saya kali ini. Post kali ini saya akan memberikan tips memilih hdd ext, agar anda tak menyesal kemudian hari. Berikut tips memilih hdd ext.

1. Kebutuhan, Kegunaan & Budget
Sebelum Anda membeli lebih baik periksa kembali kebutuhan Anda lalu pikirkan untuk apa HDD external tersebut, dan sesuaikan budget yang Anda miliki, setelah itu cari produk yang sesuai dengan yang Anda inginkan.
Di sini saya letakan pada nomor satu karena Anda harus mengetahui apa kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda membeli HDD ext berkapasitas besar namun hanya digunakan untuk menyimpan dokumen, Kalau begitu flashdisk saja sudah cukup.

2. Kapasitas
320 GB, 500 GB, atau 1 TB?
Memilih kapasitas sama penting dengan nomor 1, Jika Anda memiliki file yang banyak dan berukuran besar maka 1 TB keatas menjadi pilihan. Jika Anda hanya menggunakannya untuk Backup sementara maka pilihlah dibawah 1 TB.

3. Dimensi
1.8", 2.5", 3.5" pilih mana?
HDD external bermacam-macam untuk dimensinya sesuaikan dengan keinginan anda. Jika Anda senang mobilitas maka pilih yang berukuran kecil dan tipis (portable) karena mudah dibawa-bawa, namun jika hanya diletakan pada meja alias dipakai sehari-hari maka versi desktop bisa menjadi pilihan disamping itu ada nilai tambahan sediri dari segi fitur.

4. Kinerja
Speed, Stable, and Temperature
Selain kecepatan dalam transfer data, RPM pada HDD juga perlu diperhatikan semakin tinggi RPM semakin tinggi kecepatan transfer data.
Ada lagi yang perlu diperhatikan yaitu stabilitas dalam transfer data sangat penting, jika tidak stabil maka waktu yang dibutuhkan juga bertambah lama.
Temperatur juga tak kalah penting, jika beroperasi dalam waktu yang lama pasti akan terasa hangat, tapi jika panas dapat menurunkan kinerja dan menurunkan umur HDD itu sendiri.
Jangan sampai Anda bilang "kok lambat banget ini HDD" atau "waduh panas banget ni hardisk".

5. USB 3.0 vs USB 2.0
Sebenarnya ini sesuai selera Anda.
Seiring berjalannya waktu USB 3.0 dan USB 2.0 nantinya akan berdampingan yang siap menjalankan fungsinya masing-masing.
HDD USB 3.0 tidak memiliki power tambahan karena langsung menjadi satu, sedangkan versi USB 2.0 memiliki power tambahan secara terpisah.

6. Fitur tambahan
Saya mau lebih!
Saat memilih HDD External pastinya Anda senang jika ada fitur tambahan. Biasanya ada USB 3.0, backup online, software/tools, Password/Proteksi, anti air, anti panas, dll. Jika Anda bingung, lihat kembali no. 1. Jangan sampai Anda memiliki USB 3.0 tapi yang Anda gunakan sehari-hari USB 2.0, atau backup online tapi di lingkungan Anda tidak ada internet.

7. Kualitas & Garansi, pentingkah?
Beragam merk yang membuat bingung.
Sering kali beberapa merk manawarkan kualitas dan garansi yang berbeda-beda, mulai dari kualitas no. 1, penjualan no. 1, sampai garasi yang panjang, tentu membuat Anda bingung.
Lantas apa yang harus Anda lakukan? Lupakan semua itu! cara yang paling jitu adalah melihat review dari internet/majalah/teman mengenai produk tersebut, orang-orang yang sudah menguji produk lebih tahu betul bagaimana kualitas produk tersebut mulai dari penggunaan bisa sampai extreme dan juga menangani masalah garansi.
Kalau masalah garansi saya sarankan minimal 2 tahun, karena kadang-kadang produk sudah mulai melemah jika digunakan terus menerus apa lagi ditambah faktor lain.

8. Fitur vs Harga
Harus seimbang antara fitur dan harga.
Tentu Anda tidak mau membeli HDD external dengan segudang fitur namun Anda tidak menggunakan fitur tersebut, sama saja Anda hanya membeli fiturnya. Sedangkan HDD lain memiliki fitur lebih sedikit tapi beguna.

UPDATE
9. Konektifitas
Ini termasuk pada point no. 3, pada point tersebut saya hanya menjelaskan konektifitas bedasarkan USB, padahal sekarang sudah banyak HDD yang menggunakan beragam konektifitas yang seperti Wireless, SATA, FireWire, dll. Akhirnya saya dapat menemukan artikel dari web yang mengenaik konektifitas pada HDD external dan lengkap, jadi saya tak harus menulis ulang lagi terima kasih pada CHIP.co.id. Bisa Anda baca artikel mengenai konektifitas HDD external tersebut melalui link berikut Memilih Harddisk (Konektifitas)

Demikianlah yang bisa saya sampaikan, memilih HDD external memang susah-susah gampang tetapi itu semua Anda yang dapat menentukannya. Bila ada pertanyaan silahkan berkomentar dibawah post ini pada kotak komentar. Sekian dari saya dan semoga membantu.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments:

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support