Tips: Merawat Mouse


Setelah tahu memilih mouse dan membelinya, satu yang tak boleh terlupakan yaitu merawatnya! Tentu agar mouse awet dan selalu berfungsi normal. Perangkat ini memang sedikit disepelekan, entah karena harganya murah dan orangnya sedang banyak uang, hehehe.. :D

Lalu bagaimana cara merawat mouse?

1. Kabel
Periksa kabel jangan sampai terjepit meja, casing, atau laci karena jika kabel tertarik karena gerakan tangan secara tiba-tiba dan tidak sengaja kabel bisa lecet, sobek, atau putus.
Berilah ruang atau kabel manajemen agar keamanan dan kenyamanan tetap terjaga.

2. Kaki mouse
Kalau pemakaian mouse sudah lama pasti kaki mouse sudah hilang, lecet, kotor atau aus. Kebanyakan kaki mouse rusak karna tidak menggunakan mouse pad atau pada alas yang tidak datar dan kotor. Bersihkanlah kaki mouse yang kotor, jika tidak maka akan mengurangi kenyamanan dalam menggerakan mouse.

Kalau mouse dengan merk terkenal pasti menyediakan kaki cadangan untuk mouse, Tetapi jika Anda menggunakan mouse biasa untuk menangkalnya / menghambat kerusakan kaki mouse maka gunakanlah mouse pad.

3. Mouse pad
Jangan lupa bersihkan alas mouse ini, karena jika kotor akan merusak akurasi dari optik mouse. gerakan mouse akan tidak akuran dan sesitivitas mouse berkurang.

Tidak perlu di cuci tinggal dilap dengan kain basah lalu keringkan atau sikat dengan sikat yang memiliki bulu lembut dan yang penting bebas dari debu dan kotoran.

4. Optik dan Bola
Pengguna mouse optik/laser bersihkan optik dari debu dengan menggunakan cotton bud agar akurasi kursor dan sesitifitas tetap terjaga!

Untuk pengguna mouse bola keluarkan bola dan bersihkan bola dari kotoran dan debu, agar bola dapat bergerak bebas, jangan lupa bersihkan roller di dalam mouse.

5. Driver (optional)
Bila vendor mouse Anda menyediakan driver, updatelah dengan yang terbaru. Karena kinerja optimal terletak pada drivernya! Mouse yang mempunyai driver sendiri biasanya dikhususkan untuk gaming atau wireless.

6. Tempat
Dan yang terakhir yang tidak kalah penting, yaitu tempat dimana Anda meletakan mouse.
Jauhkan dari anak-anak kecil karena bila terjatuh atau dibanting akan rusak.
Jauhkan pula dari tikus, karena biasanya tikus suka menggigit kabel.
Jauhkan dari atap yang bocor, agar tidak terkena cipratan air hujan.
Jangan gunakan mouse pada permukaan alas yang tidak datar, walaupun sudah ada mouse yang bisa digunakan pada permukaan yang tidak datar.

Ya... namanya manusia juga kadang melupaka hal-hal kecil seperti di atas, apa jadinya kalo baru beli mouse mahal tapi karena kecerobohan jadi rusak.pat bola tersebut berada.
Intinya jagalah kebersihan, keamanan dan kenyamanan. Rawatlah mouse secara berkala sebulan sekali jika Anda sering menggunakannya.

Mungkin itu saya yang perlu saya sampaikan maaf bila ada yang salah atau kurang, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments:

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support