Subscribe Us

Perbedaan versi Full, RIP, Repack, dll

Mungkin masih ada dari beberapa orang yang tidak tahu perbedaan Full / RIP / Repack pada sebuah game, jadi kali ini saya akan menjelaskannya. Berikut adalah penjelasannya:

Alpha / Early Access

Game bisa dimainkan walaupun belum game tersebut belum selesai dibuat atau dengan kata lain masih prototype. Bertujuan memberikan gambaran seperti apa game nantinya jika sudah selesai atau masuk kedalam versi final. versi ini ditujukan bagi para tester (dari developoer) agar menilai apa yang perlu dikurangi atau ditambahkan sebelum game rilis.
Tidak menutup kemungkinan game ini dibagikan kepada para gamer (umum) yang mau mencobanya.

Beta / Continous Update

Kelanjutan dari versi Alpha, setelah dibuat dan ditemukannya error/bug dan diperbaiki dengan beberapa patch, dan mungkin didalamnya masih terdapat bug. ini juga masih dalam tahap percobaan, masih bisa dimainkan, walaupun kadang-kadang kurang stabil.
Dengan kata lain game ini berjalan dalam tahap perkembangan. Versi beta digunakan developer untuk menguji coba hal-hal baru yang menarik yang mereka suntikkan ke dalam game buatan mereka, untuk mengetahui apakah pantas atau tidaknya sebuah fitur baru yang akan diberikan.
Biasanya kebanyakan game yang memiliki versi ini adalah game online karena update yang dinamis dan berkala.

Demo

Sebelum game v1.0, developer merilis versi demo secara gratis dalam waktu dekat. Bertujuan memberikan gameplay dari game yang mereka buat untuk para gamer. Hal ini untuk memastikan apakah gamer suka atau tidak dengan game yang mereka pilih tanpa harus membayar.
Game versi demo hanya memuat satu level inti digunakan untuk mempelajari game tersebut.

Trial/Shareware

Bertujuan sama seperti versi demo, tapi anda memiliki game secara penuh hanya saja dibatasi dengan waktu. Batasan waktu tersebut digunakan untuk mencoba game buatan mereka. biasanya mereka memberikan waktu 30-60 menit atau 1-7 hari saja, setelahnya harus membayar untuk tetap bisa memainkan game tersebut.
Biasanya game yang memiliki versi ini adalah mini game seperti game dari BigFish, Gamehouse, PopCap, dll

Freeware

Game ini jelas-jelas gratis untuk di-download, dibagikan, dengan keuntungan ditanggung sendiri. Biasanya game yang memiliki versi ini jarang ada update atau kelanjutan gamenya, melainkan muncul judul baru.

Full/Final/v1.0:

Game yang sudah matang, atau selesai dibuat dengan sempurna. Tetapi dengan demikian tidak menutup kemungkinan akan diperbarui jika ditemukan bug/glitch/error (kecacatan), oleh pemain.
  • DELUXE: Versi terlengkap yang pernah dibuat di masanya, semua patch, DLC, update versi terbaru di jadikan dalam satu paket installer!
  • PREMIUM: Gamer yang mempunyai game versi ini dimana game sepenuhnya dimiliki walau game yang dibeli belum sepenuhnya dirilis. Seperti episode 1,2,3 akan didapatkan tanpa harus membayar lagi.
Setelah versi ini maka perkembangan game bergantung terhadap gamer dan developernya. apakah akan dilakukan update (v1.1a - v1.1b - v1.1, dst) atau muncul game dengan judul baru dengan tema yang sama (Call of Duty, Call of Duty 2).

Berbicara soal bajakan berikut beberapa versinya:

RIP

Dalam paket installernya ada sesuatu yang tidak diikut sertakan demi mengurangi size (ukuran) file, agar tidak terlalu besar. ini diperuntukan bagi orang tidak peduli dengan kualitas isi video game tetapi lebih memilih hemat penyimpanan.
contoh dari 4GB menjadi 500MB dengan memotong bagian-bagian dalam game yang tidak penting seperti, intro video, credit video, soundtrack, multiplayer, extra (digital art, documentary, dll), dan bahkan cutscene bagian dari video game ikut menjadi korban. 
Akibatnya? Loading game akan lebih cepat karena memuat file yang lebih sedikit (bukan hemat memori), dan jika game memiliki storyline, maka hal tersebut akan mengganggu karena konten tersebut telah dihapus.

Repack

Memiliki banyak versi tergantung siapa yang repack game. Repack atau bungkus ulang, adalah game dengan versi installer yang size (ukuran) filenya lebih sedikit dari pada aslinya. misal 4GB menjadi 2GB tanpa ada pengurangan apapun. ukuran lebih besar daripada RIP karena file masih utuh.
Selalu baca .NFO yang mereka berikan
Tidak menutup kemungkinan repacker melakukan RIP atau pengurangan file game yang tidak terlalu penting. seperti membuang file video intro yang berisi logo animasi dari produk atau developwer game (sering), mengurangi kualitas video cutscene yang menjadikan kurang nyaman saat dilihat layar lebar, hanya memuat single-player, pengurangan kualitas audio, hanya menyertakan bahasa inggris, dll.
Repacker bukan tukang bajak
Jadi jangan harap mendapatkan bantuan jika terjadi error pada game tersebut, karena mereka hanya tukang packing ulang. dan bantuan yang mereka berikan cuma sebatas error jika terjadi saat instalasi game.

Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terimakasih telah membaca!

Posting Komentar

0 Komentar