Sudah lama pakai notebook dan jarang sekali di-maintenance, digunakan sehari-hari tanpa memperdulikan kesahatan hardware. Setelah beberapa hari.. mungkin tidak, sekitar satu tahun setalahnya mulai timbul masalah seperti kotor karena debu yang tidak dibersihkan diikuti panas yang berlebihan (overheat) dan membuat masalah baru dengan hardware sekitarnya.

Seperti prosesor yang kepanasan dan HDD yang mulai menurut performanya. Biasanaya dikira karena virus tapi setelah dipindai dengan Antivirus tak terdeteksi apapun, coba install ulang masalah tetap ada. Berarti saatnya bongkar notebook untuk memeriksa apakah ada hardware yang rusak?

Paragraf di atas memang benar, benar itu pengalaman saya pribadi. Setelah diperiksa bagian dalam ternyata hanya debu yang luar biasa tebal (uhuk.. uhuk sampai batuk segala, lebay ah). Hampir ada komponen yang hangus sekitar HSF karena tersumbat debu.

"kenapa ini bisa terjadi?" ini dikarenakan oleh kesalahan umum, dan sebenarnya sudah diperingatkan oleh produsen, tapi karena orang jarang yang membaca buku petunjuk dan berakhir dengan masalah.
Berikut kesalahan umum tersebut
  • menggunakan notebook tanpa memperdulikan sirkulasi udara sekitar.
  • menggunakan notebook di atas kasur, karpet, bantal, softcase, dll.
  • menghambat/menutupi lubang keluarnya angin pengusir panas dari HSF.
Selain maintenace software, maintenance hardware tidak kalah penting untuk menjaga ketahanan/keawetan notebook sendiri, sedangkan untuk software untuk menjaga system agar stabil.

PERINGATAN! 
  • Jika Anda masih ragu-ragu lebih baik bawa ke service center terdekat, daripada nantinya terjadi kesalahan yang tidak diinginkan, seperti konsleting, kabel yang putus dan sebagainnya.
  • Melakukan pembongkaran notebook dapat menghilangkan garansi resmi.
  • Contoh di sini saya praktekan dan berhasil. Jika Anda bukan ahlinya lebih baik jangan dilakukan, tetapi jika Anda ingin mempelajari hardware notebook resiko ditanggung sendiri.
  • Saya ingatkan kembali, selalu utamakan kenyamanan dan keselamatan. Tak lupa juga jauhkan makanan dan minuman. Patuhi segala Peringatan dan Aturan jika Anda ingin mendapatkan "happy ending".
  • Jika Anda hanya memerlukan tutorial tertentu saja, seperti mengganti HDD, ODD, keyboard bisa Anda melewati tutorial yang lain. Dengan kata lain tidak semua langkah-langkah yang saya berikan disini diikuti.
Index
Maintenance Keyboard
Maintenance Hardware
Maintenance Monitor
Hasil Akhir

Sebelum melakukan maintenance, apa saja yang diperlukan?
Pertama, utamakan kenyamanan dan keselamatan.
Kenyamanan, pilihlah tempat yang nyaman sesuaikan dengan selera Anda, bisa dilakukan di lantai/di meja. Untuk keselamatan gunakanan gelang anti statis/sarung tangan anti statis, ini berguna untuk keselamatan diri sendiri dan hardware.
Kedua, siapkan notebook, peralatan dan tempat.
Notebook tentunya, dan peratalan seperti obeng +/-, tang kecil, kain, kertas tisu, dan cairan pembersih (bisa menggunakan alkohol untuk prosesor/HSF).
Ketiga, berdo'a dan saatnya mulai!
berdo'a sebelum melakukan agar dimudahkan dalam segala urusan.

Maintenance Keyboard
Lihat gambar di bawah! ada tanda kotak kuning yang menandakan ada pengunci keyboard, carilah tiap sudut. Untuk membuka kunci tersebut caranya dorong kunci tersebut kedalam dengan sedikit mengangkat keyboard ke atas secara berlahan.
PERINGATAN! Jangan mengangkat keyboard dengan keras karena terdapat kabel pita dibalik keyboard.
Setelah dapat diangkat, lihat bagian sekitar tempat menancapnya kabel pita ada pengunci kabel pita. Ada 2 cara membukanya, cara 1 mengangkat keatas 90 derajat, sedangkan cara 2 dengan menariknya ke belakang.
PERINGATAN! lakukanlah dengan perlahan dan hati-hati karena ujung dan tepi kabel pita tajam.
Setelah Anda lepas semua kabel pita (termasuk touchpad) lihat sekitar apakah ada baut yang menempel. Jika ada lepas baut tersebut.
Jika Anda hanya ingin mengganti keyboard atau ingin membersihkan sela-sela keyboard, bisa juga mengganti tombol keyboard, Anda tak perlu membongkar semuannya cukup sampai disini. Tapi ada juga tipe keyboard yang mengharuskan Anda membongkar casing atas dulu. Keyboard tersebut adalah Chiclet. Selain itu ada juga cara untuk melepas keyboard yaitu dengan membongkar casing bagian bawah karena keyboard tersebut terkunci dengan baut.


Maintenance Hardware
Balik notebook Anda, Anda dapat melihat beberapa lubang baut dan ventilasi bawah notebook Anda (jika ada). lepas semua baut yang menempel. Baut tersembunyi dapat ditemukan dibalik stiker (garansi/tanda pembelian toko).
Setelah melepas casing bawah lihat sekeliling apakah ada baut lagi yang mengunci casing atas? atau mengungci motherboard. Jika menemukannya lepas. Lepas semua Hardware yang terpasang, kecuali Processor, RAM, Baterai CMOS.
disini jika Anda ingin mengganti CPU (jika bisa), HDD, ODD, RAM, WiFi Adapter atau MoBo, Jika ada masalah pada bagian komponen onboard lebih baik jangan diganti dengan paksa (kanibal), bisa menyebabkan ketidakstabilan sistem.

Membersihkan HSF
Lepas HSF dari motherboard dengan melepas baut yang menguncinya. Bersihkan thermal paste yang menempel dan lepas lagi baut untuk membuka tutup HSF. Dari sini bersihkan debu yang menempel pada sekitar HSF, lakukanlah dengan sebersih bersihnya!

Mengganti Thermal Paste
Bersihkan sisa thermal paste pada sekitar CPU dan HSF, jika sudah beri thermal paste yang baru, INGAT! jangan terlalu banyak dan Terlalu sedikit. Pada gambar terlihat banyak tapi aslinya itu sedikit. Setelah itu pasang kembali HSF ketempatnya, tapi TUNGGU DULU! jangan terlalu kencang memasang baut, ketika agak kendor coba goyangkan sedikit agar pasta merata, baru kencangkan kembali.


Maintenance Monitor
Membongkar monitor dapat dilakukan dengan 2 cara. pertama dengan membongkar seluruh casing dan kedua hanya casing monitor saja. Pada notebook saya mengharuskan menggunakan cara pertama.
Lihat gambar di atas, perhatikan 2 kotak kuning yang dihubungkan dengan garis, di situ letak untuk melepas baut yang mengunci engsel bingkai monitor. selain itu ada garis biru yang melewati tepian HSF itu ada  kabel yang masuk ke bingkai monitor itu adalah kabel menerima sinyal WiFi, sebih baik lepas dulu. Selain itu ada kabel monitor disebelah HSF dan kabel WiFi adapter.

Sekarang saatnya lepas casing monitor. Lakunanlah dengan Hati-hati banyak sekali kunci pada casing monitor. Langkah pertama lihatlah sekeliling casing depan pasti ada lingkaran/kotak bantalan yang menutupi baut. Jika sudah ditemukan buka bantalan tersebut dan lepas bautnya, dan pastikan sudah semua baut dilepas. untuk membukanya congkel dari bagian dalam atau luar pada samping casing.
PERINGATAN! Membuka casing ini mudah tapi ringkih, selain tipis pengunci casing ini kecil sehingga rawan patah. Jangan sampai menekan layar LCD dengan keras karena dapat menyebabkan dead pixel. 
Setelah terbuka lepas baut yang menempel pada panel LCD biasanya bagian atas dan bawah. TUNGGU! jangan asal cabut monitor, dibelakangnya ada kabel pita yang menghubungkannya dengan motherboard, Jadi lihat bagian belakan dan lepas dengan perlahan dan hati-hati.


Membersihkan monitor LCD
Sesudah melepaskannya, Anda dapat mengganti dengan yang baru, jika rusak atau hanya ingin membersihkannya. Jika Anda Ingin membersihkannya bagian luarnya tak perlu membongkar casing monitor, tapi jika ingin luar dalam maka bongkarlah. Gunakanlah cairan khusus.

Cara membersihkannya dengan memberi cairan pemebersih ke kain lembut (tidak disarankan menggunakan tisu), setelah itu usap secara vertikal / horizontal dengan satu arah. Misalnya dari atas kebawah, lakukanlah dengan berulang sampai didapatkan hasil yang maksimal!
PERINGATAN! Jangan semprotkan cairan pembersih langsung ke monitor, karena caiaran dapant menyebar dan masuk ke dalam LCD melalui bagian tepi. hati-hati untuk tidak menekan layar dengan keras saat mengelap karena dapat mengakibatkan dead pixel.
Sudah selesai? Pasang kembali casingnya!


Hasil Akhir
Membersihkan Hardware
Setelah Anda melepas semua baut, Hardware, dan sebagainya sekerang saatnya Anda membersihkan semua benda tersebut. Bisa Anda lakukan dengan menggunakan kuas/penyedot debut.
PERINGATAN! tidak menyarankan dengan meniup.
Rakit Kembali
Semuanya sudah bersih! Rakit kembali notebook Anda, jangan sampai ada yang tertinggal, seperti kabel yang belum dipasang atau baut yang belum dipasang. Satu lagi yang tak kalah penting KABEL MANAJEMEN, ini gunanya agar tak ada kabel yang terjepit yang bisa mengakibatkan koneksi hardware terganggu, jika terjadi konsleting dapat memparah keaadaan.
PERINGATAN! Selalu melakukan dobel cek, untuk meyakinkan bahwa semuanya telah terpasang dengan sempurna seperti sebelumnya.
Membersihkan ulang
Sampai selesai merakit belum selesai. Saatnya bersihkan ulang, agar tampak seperti baru lagi. pastikan tidak ada bercak menempel pada monitor yang telah dibersihkan. setalah semuanya yakin, nyalakan notebook dan rasakan perbedaannya!


Apa yang bisa didapat dari sini?
  • Mengetahui isi dari notebook.
  • Mengetahui hardware notebook yang dapat diganti dan diperbarui.
  • Menyelesaikan masalah overheat.
  • Membongkar dan merakin notebook
  • Maintenance hardware notebook
Perbedaan yang saya dapat dari Maintenance ini adalah Performa yang kembali seperti semula, dan ini perbedaan suhu sebelum dan sesudah.
Ini screenhoot sebelum maintenance menggunakan cooler
Setelah maintenance tanpa cooler
Peralatan apa yang di pakai Admin dalam maintenance ini? klik di sini.
Notebook Admin dan review-nya, klik di sini.
Admin pakai cooler apa? baca di sini.

Wuih.. panjang ini artikel, tapi tak masalah yang penting membantu Anda dalam memeperbaiki masalah pada notebook. Sekian dari saya semoga bisa membantu dan terima kasih.
Share To:

Loutfie na

I'm not a scientist, but a blogger and casual gamer. Love writing about computer and technology, and sometimes do gameplay videos on youtube. It is fun when find my writing is helpful to people.

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support