Bingung memilih drive optik, mau beli yang ini tidak ada fiturnya tapi lebih mahal, ingin beli yang itu ada fiturnya tapi keawetannya dipertanyakan, haduh.. pusing dah. itulah yang saya alami saat ingin membeli ODD untuk menganti yang lama. Setelah menelusuri web-web yang ada di internet, dapat saya rangkum bagaimana memilih ODD yang baik. Tentunya tidak saya simpan sendri karena mungkin dapat membatu yang lain dalam memilih ODD dan berikut tipsnya!

1. Selidiki Produk
Sebainya Anda cari tahu secara rinci mengenai produk yang akan Anda beli. Review di internet mengenai ODD yang akan Anda beli tentu sangat membantu yang nantinya agar tidak timbul sebuah kekecewaan. Para reviewer yang mengulas produk-produk ODD sangat banyak. mungkin Anda jarang menemukan review dari web resmi, tapi coba kunjungi forum banyak orang yang review dan beberbagi pengalaman dengan produk ODD yang mereka pakai. Selain itu bisa melihat unboxing video di youtube.

2. Garansi
Garansi tidak kalah penting karena jika terjadi kerusakan setelah Anda tak perlu pikir panjang, tinggal bawa ke tokonya di mana Anda membeli produk tersebut. Pastikan garansi lama seperti 1 tahun.

3. Kecepatan Read/Write
Kecepatan baca/tulis sudah pasti ingin yang terbaik, tentu Anda tidak mau kepingan CD/DVD yang terbaca/tertulis membutuhkan waktu yang lama. Bisa juga saat Anda memutar musik/film, suara dan gambar tersendat-sendat tentu tidak nyaman. maka dari itu perhatikanlah. Tapi untuk produk-produk saat ini sudah sangan memumpuni untuk membaca.
Tapi untuk keperluan tulis bervariasi, jangan terpaku dengan tulisan x16/x52 tak semua ODD dapat kecepatan yang maksimal. Pengalaman saya untuk DVD x16 hanya bisa dicapai x14 dan untuk CD x52 hanya bisa dicapai x24 itupun hasilnya bervariasi pada produk-produk yang pernah saya coba, kepingan CD/DVD juga ikut mempengaruhi.
4. Ketahanan
Kebanyakan ODD biasa hanya bertahan 1 tahun, karena optik mulai lemah karena beroperasi sudah sangat lama.
selain optik juga motor/komponen untuk memutar kepingan CD/DVD sudah lemah yang mengakibatkan RPM turun atau dengan kata lain kecepatan baca/tulis menurun.
harus diperhatikan juga ketahanan fisik. Untuk ODD internal biasanya bermasalah saat eject disc, yaitu macet saat mengeluarkan tray (ini yang menyebalkan) karena ada komponen yang sudah aus. khususnya untuk DVD external, yang biasanya memakai bahan plastik yang kurang kokoh pada body, Anda harus perhatikan yang satu ini jika Anda orang yang ceroboh dalam menempatkan barang.
Dari pengalaman saya memakai drive merk LG & Samsung mereka hanya bertahan selama 1 tahun, dan merk ASUS bertahan selama 3 tahun (DVD 2 tahun dan CD 3 tahun). optik sudah lemah dan tray macet.
5. Top-Load vs Tray-Load vs Slot-load
Tips ini berhubungan dengan cara memasukan kepingan CD/DVD. untuk external berlaku semua model dan untuk internal hanya tray dan slot-load.

  • Top-load, dengan cara membuka tutup ke atas. mempunyai masalah yang tapi tombol eject yang macet. body tebal
  • Tray-load, dengan cara  menarik tutup/otomatis mendorong keluar.  masalah pada eject tray yang macet. body lebih tipis dari top-load.
  • Slot-load, dengan memasukan disc ke dalam drive. eject macet disc tidak keluar, rentan goresan. lebih tipis lagi dari tray-load.




6. Harga & Fitur
Harga murah belum tentu kualitas buruk, harga mahal belum tentu kualitas baik. Jika Anda awam mengenai ODD lihat poin no. 1, dan juga jangan mudah terpancing dengan si penjual, atau brand.
Contohnya produk A "top brand" itu maksudnya merk no. 1 atau produk B "no. 1 sales" itu maksudnya penjualan no. 1.  Semua itu belum tentu memiliki kualitas baik walaupun harga bervariasi, jika Anda tahu "Ada harga ada kualitas"

Selain itu perhatikan juga fiturnya, sesuaikan dengan kebutuhan.
Audio/Video, memainkan film/audio/photo dari TV ini hanya untuk TV yang sudah support smart, dan tentunya ada port USB.
CD/DVD yang mendukung, apa saya yang bisa dibaca/tulis? Lihat yang tercetak pada bagian samping/belakang box. Jangan sampai Anda membeli DVD untuk memutar BD (Blu-ray Disc). Selain itu jika Anda suka membeli DVD bajakan harap hati-hati, karena beberapa ODD juga ada yang kurang baik (menolak) dalam membaca kepingan DVD bajakan.
Peredam suara/Noise Handling, fitur ODD berlaku ini saat kepingan CD/DVD berputar dalam kecepatam maksimal menghasilkan suara yang tidak terlalu berisik.
Desain, ini juga yang dapat menjadikan harga jauh lebih mahal, tapi Anda bisa mendapatkan drive yang cantik. Tapi jika Anda tidak terlalu suka bisa Anda lewatkan fitur ini.

Selesai sudah tips memilih ODD, selain itu ada juga tips memilih HDD bisa Anda baca di blog ini.
Terima kasih dan semoga membantu.
Share To:

Loutfie na

I'm not a scientist, but a blogger and casual gamer. Love writing about computer and technology, and sometimes do gameplay videos on youtube. It is fun when find my writing is helpful to people.

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support