Berkunjung dari toko ke toko untuk membeli sebuah laptop tapi dibingungkan dengan beragam jenis laptop mulai dari harga yang murah sampai dengan spesifikasi yang tinggi, ditambah merk yang tersedia dipasaran yang sudah cukup banyak dan saran dari sales atau teman sampai review di internet yang membuat Anda semakin bingung.


Tips kali ini tepat jika Anda yang sedang berencana membeli sebuah laptop baik notebook / netbook. Tidak mudah memang jika Anda menginginkan laptop sesuai dengan hati, tidak seperti komputer desktop yang bisa memilih luar dalam dan bisa dimodif sesuka Anda. Baiklah berikut tipsnya:

1. Laptop untuk pemakaian konstan.
Maksudnya Anda hanya akan menggunakan laptop untuk kebutuhan yang sama/tetap tidak mengikuti perkembangan software. Laptop hanya akan pertahan paling lama hanya 10 tahun, setelah itu tidak ada lagi dukungan dari software dan hardware atau malah dilupakan oleh produsennya dengan kata lain, mau tidak mau harus beli yang baru. Karena ini semua adalah strategi marketing. Ini tidak cocok bagi Anda yang suka mengikuti perkembangan teknologi.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan
Pelajar – untuk pelajar SD – SMA tidak perlu spesifikasi yang terlalu tinggi ini sangat cocok dengan netbook ukuran kecil dan ringan mudah untuk dibawa. Digunakan hanya untuk mengerjakan tugas atau internetan. Untuk mahasiswa disuaikan juga dengan jurusannya kalau hanya untuk kebutuhan diatas netbook tidak menjadi masalah. Bagi Anda yang memiliki mata minus tidak disarankan menggunakan netbook karena ukuran layar yang kecil.

Kantor – jika Anda bekerja dikantor dan selalu menggunakan komputer entah untuk mengerjakan pekerjaan kantor (Microsoft office) atau menggunakan email. Cocok menggunakan notebook kelas mainstream dengan layar 14 inch tersedia banyak dipasaran. Bila Anda banyak membawa barang bawaan lebih baik pilih notebook yang tipis nan ringan agar tidak makan tempat dan beban berlebih.

Desain grafis – Software desain grafis sangat lamban perkembangannya, bahkan ada juga yang masih menggunakan software versi lama entah apa alasannya. Pekerja desain grafis membutuhkan layar yang lebar dan spesifikasi yang tinggi. Maka dibutuhkan paling tidak netbook dengan layar 17” dengan CPU terbaru dan VGA yang memumpuni agar proses olah grafisnya tidak terganggu dengan proses loading atau render yang lama dan juga hasilnya lebih baik dengan VGA discrete (AMD / Nvidia).

Game - Sebenarnya notebook tidak cocok untuk gamer tapi ada saja yang masih beli dan karena tuntutan dari konsumen makan diproduksilah notebook khusus game. Perkembangan video game yang dinamis hampir tiap tahun berevolusi. Bila Anda gamer sejati maka saya sarankan untuk membeli notebook khusus gaming. Pasti harganya tinggi tapi itu memang pantas, karena Anda tidak akan terganggu dengan yang namanya “lag”.
Kesalah dalam membeli notebook gaming adalah apabila produsen yang biasa/dikenal sering membuat perangkat khusus game (seperti AMD) maka orang cenderung berasumsi notebook itu bisa buat menjalankan game (sebut saja PES), iya memang bisa tapi notebook tersebut tidak didesain untuk keperluan tersebut. Jadi hindarilah hal seperti ini jika Anda nantinya tidak ingin menyesal dikemudian hari.
3. Lupakan merk
Merk tidaklah penting yang terpenting adalah service center. Anda bebas memilih merk apa saja tapi pastikan ada service center resmi di kota Anda. Karena bila Ada kerusakan / malfungsi dari laptop Anda bisa klaim garansi. *maaf, tahu sendiri beberapa toko-toko komputer di indonesia kadang ada yang tidak mau repot untuk klaim garansi atau malah diperbaiki dari pihak toko yang bisa berakibat garansi hangus atau OS jadi bajakan.

4. Sesuaikan dana yang dimiliki
Bila Anda tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli laptop jangan paksakan dengan membeli laptop dengan spesifikasi dibawahnya, misal Anda pekerja kantoran tapi Anda malah membali khusus pelajar, lebih baik sedikit bersabar dan menabung lagi. Namun jika Anda mempunyai dana lebih jangan membeli spesifikasi diatasnya, Anda bisa gunakan dana yang lebih untuk membeli perangkat lainnya untuk penunjang produktifitas seperti mouse / pen tablet (untuk desain) / cooling pad / flashdisk, dll.

5. Cari info sebelum beli
Biasakan mencari informasi terlebih dahulu agar Anda tidak merasa tertipu setelah Anda membelinya. Info bisa didapat dari review diinternet atau saran dari teman Anda. Cari info mengenai harga, service center, kualitas laptopnya sendiri, dan yang terpenting masalah apa yang sering timbul pada laptop tersebut.

Optional
6. Fashion
Di sini dimaksudkan laptop mewah dengan desain sedemikian rupa sehingga menarik konsumen tapi dengan spesifikasi yang biasa saja, seperti asus lamborghini, asus transformer, ultrabook dan sebagainya. Tidak salah bila Anda membelinya karena memiliki dana lebih dan hanya sekedar ingin memilikinya.

7. notebook ULV (ultra low voltage)
Ini masih menjadi pilihan, laptop dengan daya rendah bisa menghemat baterai yang mampu pertahan selama 6-9 jam dan tentunya harganya agak mahal dari laptop pasaran lain yang hanya mampu bertahan paling alama 4 jam dalam pemakaian normal.

8. Extended battery
Bila Anda memiliki dana lebih bisa digunakan untuk membeli baterai dengan kapasitas yang lebih besar yang daya tahannya bisa seperti notebook ULV, ini sangat penting bila Anda sering berpergian ke luar kota dan sering menggunakan notebook.

Itulah tips dari saya Anda boleh setuju atau tidak setuju semua tergantung Anda, karena Anda yang memutuskan untuk membeli laptop. Semoga dengan Adanya artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih laptop dan terima kasih telah membaca.
Share To:

Loutfie na

I'm not a scientist, but a blogger and casual gamer. Love writing about computer and technology, and sometimes do gameplay videos on youtube. It is fun when find my writing is helpful to people.

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support