Windows 10 produk dari Microsoft yang terbaru ini sangat luar biasa, satu OS dapat digunakan oleh tiga perangkat yaitu PC, Tablet, dan Smartphone. Jika Anda pernah mengguna Windows 8 sebelumnya maka Anda akan menemui Driver Signature, masalah yang sama ditemui pada Windows 10.

Windows memperketat kemanan di Driver, ini dimaksudkan agar hanya driver (signature atau certified) yang cocok dengan windows yang bisa terinstal, bila tidak akan error atau bluescreen. Jadi ketika Anda menginstall driver yang tidak dikenal oleh Windows maka tidak akan bisa diinstal, dalam proses instal pasti muncul peringatan atau tidak sama sekali dan tidak ada perubahan pada komputer yang Anda instal.

Driver Signature ini cukup mengganggu ketika Anda menginstal driver untuk perangkat jadul atau driver modifikasi tapi yang sebelumnya diuji atau diinstal tidak menimbulkan masalah. Contohnya driver flashtool untuk flashing ponsel / smartphone, driver mod Realtek, dsb.
Untuk menginstalnya Anda perlu menon-aktifkan fitur ini! Dan berikut caranya:

Advanced Startup
Cara ini hanya berlaku tiap kali Anda melakukan Advanced Startup, jadi driver signature akan aktif kembali ketika komputer dihidupkan ulang. dan Anda harus mengulang langkah-langkah ini dari awal.

Tekan tombol Windows dan ketikan "startup" maka muncul hasil pencarian dan pilih "Change advanced startup options"

Muncul window setting pilih Advanced statup dan klik "Restart now" maka windows akan merestart

Pada menu Choose an option, klik "Troubleshoot"

Pada menu Trouleshoot, klik "Advanced options"

Pada menu Advanced options, klik "Startup Settings" dan klik restart


Windows menghidupkan ulang komputer Anda dan pilih "Disable driver signature enforcement" dengan menekan tombol F7. Setelah masuk desktop maka Anda dapat menginstal driver-nya!

Cara ini sama dengan masuk safe mode seperti di Windows 7 atau sebelumnya dengan menekan F8 saat komputer sedang booting, tetapi cara tersebut sudah tidak berlaku di Windows 8 atau 10.

Command Prompt
Cara ini cukup mudah dan Anda perlu melakukannya dengan cmd. dan tidak seperti cara yang pertama ketika komputer dihidupkan ulang setting windows tidak kembali ke awal.

Pertama, tekan jalankan Command prompt dan ketikan teks warna hijau berikut atau bisa juga copas

bcdedit -set loadoptions DISABLE_INTEGRITY_CHECKS (tekan Enter)
bcdedit -set TESTSIGNING ON (tekan Enter)

Kedua, hidupkan ulang komputer Anda, dan setelah masuk desktop maka akan bisa ditemui watermark di pojok kanan bawah layar bahwa Anda monon-aktifkan fitur ini!

Ketiga, ekarang Anda bisa menginstal driver, dan bila merasa terganggu dengan watermark bisa Anda mengembalikannya. caranya jalankan cmd, dan ketikan

bcdedit -set TESTSIGNING OFF (hit Enter)

hidupkan ulang komputer Anda, dan setelah masuk desktop watermark sudah tidak ada, bila Anda akan menginstal driver lagi, maka lakukan langkah dari TESTSIGNING ON

Begitulah cara menonkatifkan driver signature di Windows 10 dan katanya bisa juga dilakukan di Windows 8 tetapi saya sendiri belum pernah mencobanya.

Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas dari artikel ini, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga artikel ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terima kasih telah membaca!
Share To:

Loutfie na

I'm not a scientist, but a blogger and casual gamer. Love writing about computer and technology, and sometimes do gameplay videos on youtube. It is fun when find my writing is helpful to people.

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support