Audio Enhancement


Untuk menikmati keluaran audio yang mewah tidaklah perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli sound card mahal apabila Anda yang memiliki budget terbatas. Cukup dengan modifikasi driver atau tambahan software maka hasil suara yang dikeluarkan oleh speaker atau headset terdengar lebih baik dari sebelumnya!

Realtek HD Audio MOD 2.79
Kesan yang diberikan adalah memperjelas posisi suara yang dikeluarkan dengan kata lain lebih tertata. Bass dan Treble lebih terasa sedangkan vokal di headset saya lebih baik dg tidak dominan.
Baik game, movie, musik, semuanya lebih baik dari sebelumnya!

CARA INSTALL - WINDOWS 7/10
Pertama, bila Anda sudah memasang driver Realtek, lebih baik uninstall terlebih dahulu dan biarkan driver default dari microsoft terinstall.

Kedua, Copy Hardware Id dari sound card Anda seperti gambar dibawah ini. Hardware Id bisa Anda temukan lewat setting sound dari control panel atau Device manager.


Kemudian cari file HDXRT.ini di folder Vista64 dan buka dengan notepad, paste-kan Hardware Id yang sudah dicopy seperti gambar dibawah ini. tampahkan pula "Realtek High Difinition Audio" = IntcAzAudModel, sebelum Hardware Id.

Ketiga, Install melalui Setup.exe, dan sebelum instalasi selesai muncul peringatan seperti gambar dibawah, Pilih opsi kedua "Install this driver software anyway".
Peringatan ini muncul karena driver tidak bersertifikat, tapi itu aman. Kalaupun menimbulkan masalah bisa Anda hapus melalui safe mode dan kembali ke driver sebelumnya.

Bila Anda menemui error seperti gambar dibawah, berarti Anda tidak menjalankan Setup.exe tidak menggunakan "Run as Administrator", atau driver protection tidak dimatikan. untuk menon-aktifkan driver proteksi bisa Anda baca di pos Disable Driver Signature Enforcement.

Setelah instalasi selesai maka Anda akan diminta untuk me-restart komputer, pilih "Yes" dan restart komputer Anda.

katanya hanya untuk seri ALC 8xx/26x, saya coba di ALC 662 bisa!
Detail pembahasan di KasKus (harus login) klik di sini

Alternatif
Solusi alternatif bagi Anda bukan pengguna Realek HD Audio, jadi masih ada harapan untuk menikmati kualitas audio yang lebih baik. Software ini bisa dipasang tanpa mengharuskan menggunakan sound card tertentu, bisa dibilang ini adalah mixer dan equalizer virtual untuk komputer anda.

DFX Audio Enhancer Plus

Mempunyai UI yang simple dan tidak ada konfigurasi rumit merupakan kelebihan aplikasi satu ini, DFX Audio Enhancer Plus memberikan pengalaman mendengarkan musik mewah. Tapi sayang hanya untuk musik adai saja ditambah movie atau gaming. Menurut saya pribadi staging dari suara yang dihasilkan terdengar sangat terasa, tapi keluaran bass sangat kurang ditelinga saya. Aplikasi ini dapat berjalan dengan baik mulai dari Windows 7 ke atas.
DOWNLOAD | 4MB
 
Hear 
H.E.A.R memberikan pengalaman mendengarkan lebih dari yang dibayangkan dan lebih baik dari DFX namun sayang terlalu banyak konfigurasi yang membingungkan untuk orang awam tapi setelah menemukan setelan yang pas dijamin anda akan puas! 
Beberapa preset yang disediakan tidak bisa untuk semua speaker atau headset, jadi harus disesuaikan tiap kali anda mendengankan lewat media apa terlebih dahulu, ini cukup merepotkan.
Hanya dapat berjalan baik di Windows 7, selain itu sering terjadi banyak masalah. Versi terbaru keluaran suara lebih baik tapi sayang masih banyak bug dan error yang sialnya developer sendiri belum memperbaikinya sampai saat ini.

DOWNLOAD | 6MB

 
SRS Audio Essenstial


Aplikasi satu ini sudah banyak dikenal orang dan banyak dipakai di beberapa media, seperti TV, handphone, Built in media player dan driver laptop. Software ini luar biasa, bisa cocok di speaker dan headset.
Dengan fitur volume normalizer dapat meningkatkan detail suara yang dikeluarkan, seperti dalam video game suara ledakan dan langkah kaki, di film pecahan kaca dan backsound dari film horror sangat terasa, dan lebih lagi di musik semua instrument terdengar jelas.
Sangan cocok dengan mulai dari windows XP ke atas.
Sayang developernya sudah tidak mengembangkan software ini lagi karena sudah merger dengan Dolby

DOWNLOAD | 31MB
 Mungkin kedengaranya aneh untuk Anda yang pertama kali mencoba, maka diperlukan pengaturan pada software yang telah diinstal agar sesuai dengan keinginan Anda. Selain hardware (sound card) dan software (player) yang memumpuni diperlukan juga kualitas file audio yang bagus sehingga yang dihasilkan pun menjadi wah!

Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas dari artikel ini, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga artikel ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terima kasih telah membaca!

Komentar