Subscribe Us

Tips: Perawatan cartridge inject printer


Tiap kali orang ingin membeli printer yang ekonomis maka pilihan jatuh pada printer yang memiliki cartridge dengan sistem pengisian inject (suntik). Walau ada beberapa seri printers yang bisa dimodifikasi menjadi infus, tentu ada biaya tambahan untuk membuatnya demikian. 

Pengisian cartridge inject (suntik) ini mengharuskan anda untuk berhati-hati dan teliti dengan apa yang anda lakukan. Salah-salah anda malah merusak cartridge printer tersebut yang mana harganya tidaklah murah. 

  • Printer HP memiliki sistem cleaning yang kurang baik, tapi harga cartridge yang murah. Seri ink advantage memiliki kelebihan irit tinta. maksudnya jka dengan printer biasa anda bisa cetak 100 lembar, dengan fitur tersebut anda bisa cetak 150 lembar.
  • Printer Canon memilki software maintenace dan troubleshooting yang baik, sehingga hasil cetak konstan. Tapi harga cartridge yang mahal. Terdapat cartridge kapasitas XXL.
  • Printer Epson memiliki tangki tinta diluar (produksi sekarang) dan yang di dalam printer hanya printhead. Tinta diluar, mesin di dalam, ini meminimalisir kerusakan mesin karena percikan tinta dalam mesin. Dan cartridge yang didalam printer hanya sebagai tempat penampungan sementara. Ditambah lagi software maintenance yang memadai, tetapi troubleshooting yang sedikit susah dimengerti.
Begitulah karakteristik tiga printer yang paling sering ditemui.


Agar tidak repot isi ulang, pakai infus saja?
Beberapa orang mencoba mengimitasi cara kerja printer epson, tapi dalam prakteknya selalu gagal, tidak seawet printer epson, tetap harus ganti cartridge atau penurunan kualitas hasil cetak. Dan hanya beberapa seri printer yang dapat dimodifikasi infus karena desainnya yang mendukung. Jelas ini tidak menjawab kebutuhan.


Solusi lain yaitu dengan mengganti cartridge dengan ukuran XXL. Tapi sayang sekali jarang yang menjual cartridge tersebut. Sedangkan yang diberikan pabriknya ukuran kecil atau S. Jangan tertipu tentang banyak hasil cetak yang dapat dilakukan pada printer anda. Baca lagi lebih teliti biasanya ada catatan *hasil cetak 500 lembar dalam 1 cartridge menggunakan ukuran XXL.

PEMAKAIAN DAN PERAWATAN

Ini merupakan bagian yang paling susah, karena kebutuhan manusia dan perangakat yang tidak sejalan. Printer merupakan perangkat tambahan untuk komputer yang paling rewel dan menyebalkan. Dimana dia sangat dibutuhkan mendadak dan disaat yang sama, dia ngambek. Maka perawatan dan perbaikan berkala harus dilakukan.

Printer ini biasanya diperuntukan untuk usaha micro atau SOHO (Small Office, Home Office), Karena ukuran cartridge yang kecil dan minim perawatan. Anggap saja melakukan pencetakan mingguan seperti membuat laporan kerja, atau tugas sekolah. Sedangkan untuk kantor, atau percetakan yang mana mencetak tiap hari dalam jumlah yang tidak sedikit, dengan tipe, ukuran, dan ketebalan kertas yang bervariasi, pilihlah seri printer yang dapat melakukan tugas berat tersebut. Bisa cek web resmi merk printer yang akan anda pakai nantinya.

Jadi sebelum membeli printer tentukan dulu keperluan anda, agar kebutuhan dan printer yang anda pakai sesuai. Harganya dapat mengikuti kebutuhan.

Sebenarnya perawatan printer jenis ini sangat mudah. Pertama baca buku petunjuk pemakaian dan peringatan, apa saja yang tidak boleh dilakukan pada printer anda harus tau. Ini jarang sekali orang yang mau meluangkan waktu sedikit untuk mengenal printer yang dipakainya. Saya menganjurkan ini karena tiap printer yang orang miliki berbeda-beda tentu memiliki perlakuan yang berbeda.

Bahasa Printer. 
Dua merk printer ini memiliki cara komunikasi yang berbeda. 
  • HP lebih ke arah user yang mana tidak direpotkan dengan adanya software aplikasi tambahan saat terinstal bersama driver, konfigurasi langsung pada aplikasi yang dipakai, misalnya ms word. Dan mesin meresponnya dengan lampu LED yang menandakan dia sedang bekerja. Karena minim interaksi software maka anda harus mengawasi atua berhubungan langsung dengan mesin.
  • Canon dan Epson lebih ke arah software dan user. Melalui software printer berkomunikasi dengan user. Laporan lengkap yang terjadi pada printer di tampilkan langsung ke layar monitor. LED hanya sebagai indikator pembantu atau peringatan jika dibutuhkan interaksi dengan mesin secara langsung. 


Kapasitas

Ini yang sering menjadi masalah, baru refill ko langsung habis? Ya, tentu saja jika cartridge yang dipakai ukuran kecil, hanya 3-5ml, karena busa yang ada di dalam cartridge seukuran ujung jari kelingking. Jika ada ganti cartridge dengan yang berukuran XXL! Bukan bentuk cartridge yang besar tapi tampungan atau busa yang ada didalam dapat menyimpan tinta lebih banyak.

Pengisian
Pakai sarung tangan jika tidak ingin tangan berwarna-warni terkena tinta, ini salah satu resiko yang harus ditanggung. Isikan sesuai petunjuk penggunaan. Tapi jika tidak ada, bisa dikira-kira seperti gambar dibawah.
Lebih baik kurang daripada berlebihan, yang bisa menyebabkan tinta meluap atau menetes dari printhead. Hindari jarum menusuk sampai dasar karena bisa merusak printhead dan tinta seharusnya diserap oleh busa, atau bisa isi lewat belakang. Setelah pengisian tutup kembali lubang yang anda buat tadi dan diamkan 3-5 menit, jangan langsung pakai! Bisa anda tinggal untuk beres-beres, cuci tangan atau menyanyikan lagu nasional.

Cleaning.
Cartridge yang terkena tinta, bersikan dengan kain atau tisu yang memiliki tekstur halus. Pada printhead usap dengan satu arah ke kiri atau kanan, ini meniru cara kerja saat printer cleaning.
Jangan lupa bersihkan tempat parkir cartridge atau tempat cleaning, menggunaan tisu atau kain yang gampang menyerap air. ini bertujuan agar cartridge tidak terkena sisa-sisa tinta cleaning yang ada di sana.

Kertas vs Tinta
Agar cartridge awet gunakanlah tinta refill dari pihak yang terpercaya. Tinta buat an mereka memiliki formula yang berbeda-beda dan pastikan cocok untuk seri printer anda.
Memilih kertas bukan yang penting paling murah melainkan yang dapat menyerap tinta dengan baik dan cepat. ini penting saat anda mencetak dengan kualitas fast draft maka hasilnya akan lebih baik pada kertas yang cepat meresap tinta, yaitu hasil cetak tetap tajam.

Troubleshooting
Mencetak dan tinta habis. jika terjadi kekurangan tinta saat mencetak ditandai dengan hasil cetak yang rusak segera tarik kerta yang ada pada tray atau tekan tombol cancel pada printer saat itu juga, ini darurat! Jangan biarkan sampai cartridge kosong kering tanpa tinta, dan printer terus mencetak. Setelah itu lakukan pengisian.

Cartridge terisi dan tidak ada hasil cetakan. Ini biasanya tinta belum turun dari busanya. Lakukan cleaning dari software, jika printer yang anda miliki merk HP yang mana tidak tersedia maintenance atau cleaning dari software. Anda harus melakukannya secara manual dengan mendorong menggunakan suntikan kosong, biarkan satu lubang terbuka dan angin masuk, bila sudah keluar tinta dari printhead, maka cartridge bisa dipakai kembali. Ada lagi alat untuk mengatasi masalah ini yaitu.

Led dan software
Kegagalan dalam mencetak biasanya ditandai dengan peringatan pada lampu LED dan peringatan dari software printer. Disertai instruksi dan kode error yang bisa cari penjelasan lebih lanjut lewat google atau manual yang disediakan berupa buku atau softcopy.

Saya sendiri sudah lama menggunakan printer jenis ini selama 5 tahun lebih dan hanya mengganti cartridge tiga kali. Sudah 1500 lembar lebih yang sudah tercetak. Dalam keadaan cartridge full bisa mencetak (hitam) 100 lembar. Printer yang saya gunakan HP 1050 jenis deskjet. Dan masih digunakan sampai sekarang, awet bukan?

Test Print
Perlu dilakukan sebelum mencetak untuk memastikan saja apakah kondisi cartridge baik atau perlu dilakukan perawatan. Jika anda memiliki cartridge berukuran kecil dan agar irit tinta gunakan opsi fast-draft. Sebelumnya lakukan print dengan opsi best quality 1-2 lembar, normal 3-5 lembar, jika hasil print baik maka anda dapat menggunakan opsi fast-draft. Hasil print fast-daft akan jelek jika digunakan secara langsung karena tinta dalam cartridge belum lancar.

KESIMPULAN

Dengan penggunaan dan perawatan yang tepat tidak ada lagi yang namanya gonta-ganti cartridge, gampang rusak, boros dan hal-hal negatif lainnya. sebelum mulai mencetak usahakan lakukan test print sekali untuk mengetahui apakah printer siap digunakan.

Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terimakasih telah membaca!

Posting Komentar

0 Komentar