Subscribe Us

WIRELESS: Audio Bluetooth Receiver


Ada kalanya sebuah perangkat audio seperti headphone atau speaker yang memakai kabel dalam media koneksinya mereppotkan, terlebih lagi jika menggunakan perangkat mobile, seperti ponsel. Beberapa speaker atau headphone keluaran terbaru sudah memiliki fitur bluetooth. yang memudahkan dalam menghubungkannya dengan .perangkat audio mobile yang memiliki fitur ini biasanya memiliki harga yang sedikit lebih mahal. maka dari itu ada sebuah alat untuk memberikan fitur wireless.

Sebenarnya saya tidak tahu ini namnya apa, ataupun merknya apa. tidak ada keterangan sama sekali dalam produknya, dan sepertinya juga dengan si penjualnya tidak tahu namnya jadi ikut-ikutan apa yang ada dipasaran menyembutnya.


UNBOXING

Dilihat dari kemasan... tidak ada penjelasan mengenai produk ini. hanya berisi, unit bluetooth itu sendiri dan jack audio aux ke aux.

Dari perangkat ini sendiri cukup ringkas, seukuran jari sekitar lima centimeter. Pada bagian atas ada jack audio 3.5mm audio out, tempat keluarnya suara, dan di bawah terdapat jack mirco usb female, untuk charge baterai. bagian depan ada 3 tombol pengaturan yang seperti pada gambar fungsinya.

Coba-coba fungsinya tanpa panduan, hasilnya merepotkan. Tidak ada sama sekali petunjuk penggunaan atau pun web produk ini, dapat disimpulkan fungsi tombol sebagai berikut:
  • + volume ditekan berkali-kali untuk menambah volume, sedangkan untuk next ditekan sedikit lama.
  • power ditekan sedikit lama sekitar 3 detik untuk on/off, sedangkan unuk play/pause atau call cukup sekali.
  • - volume dan previous sama dengna tombol + volume pengoperasiannya.
Perangkat ini menggunakan baterai, yang daya tahannya tidaklah lama, dengan full charge digunakan untuk memutar file mp3 pada ponsel secara nonstop dapat bertahan selama dua jam lebih sedikit. Bagaimana lagi, karena ukurannya yang kecil memaksa baterai yang digunakan harus dikurangi agar mendapatkan kesan portable dan ringkas.

Pengisiannya baterai dirasa cukup singkat, sekitar dua puluh menit sudah full. dengan menggunakan charger dan kabel ponsel Xiaomi. Perlu diketahui bahwa pengisian dari charger voltase dan ampere harus diperhatikan. Dan lamanya charge, karena tidak tahu ada atau tidaknya proteksi dari overcharge yang berpotensi merusak baterai.

PENGUJIAN

Ketika perangkat dihidupkan/dimatikan maka akan ada notifikasi suara bahwa perangkat on atau off, begitu juga jika batterai mulai lemah.

Bagaimana melihat indikator baterai? Jika dihubungkan dengan smartphone maka akan ada icon pada smartphone yang menandakan kapasitas baterai. Jika tidak bisa melihat indikator lampu led yang ada diperangkat ini.
Kode LED:
Merah kedip cepat = baterai akan habis
Merah diam = sedang dalam pengisian baterai
Biru kedip pelan = perangkat terhubung
Merah-Biru  kedip-kedip = sedang mencari perangkat
Dihubungkan dengan smartphone mudah sekali hanya dengan menghidupkan bluetooth dari kedua perangkat,  Uniknya di smartphone saya terdeteksi sebagai media input dengan icon keyboard. media input karena perangkat ini memiliki microphone. Jadi ketika ada yang menelepon bisa menggunakan mic dari perangkat ini sebagai handsfree.

Setelah itu, test keluaran suara menggukan dua headset, Sades dan KZ-ATR. yang terjadi sebuah kekecewaan. bagaimana tidak, ternyata kualitas keluaran suara bukan bedasarkan dari headset, melainkan dari perangkat bluetooth ini. Hasilnya? headset  yang bagus jadi terkesan biasa-biasa saja, atau mirip headset murah dua puluh lima ribuan.

Ada penurunan kualitas suara 20% menyebabkan kehilangan karakteristiknya headset itu sendiri. Terlebih lagi akan mengalami distorsi suara bass jika kedua perangkat di volume 100% mengecewakan bagi, basshead lebih baik jangan pakai. Untuk menyiasatinya disesuaikan dengan EQ, jadikan normal dan turunkan treble high frequency.

Jangkauan perangkat ini 10m tanpa penghalang. antar ruangan yang berdekatan jarak empat meter masih sanggup dibatasi dengan tembok. terhalang dua tembok atau pintu maka koneksi terputus!

Cukup terasa ada sedikit delay audio dari perangkat ini menurut saya. Hampir 1 detik respon, ketika saya tekan tombol next pada perangkat atau pindahkan seekbar para aplikasi smartphone.

KESIMPULAN

Bagi anda yang memiliki headphone, headset, atau speaker yang belum memiliki fitur wireless atau bluetooth, ini bisa menjadi sebuah alternatif, yang bisa didapatkan dengan harga cukup murah.

Kelebihan
  • Menambahkan koneksi wireless bluetooth
  • Cukup murah harganya.
  • Ada mircrophone
Kekurangan
  • Kehilangan karakter perangakat audio 20%
  • Kemampuan keluaran suara mengikuti perangkat bluetooth ini.
  • Baterai yang singkat.
Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terimakasih telah membaca!

Posting Komentar

0 Komentar