Subscribe Us

HEADSET: Knowledge Zenith QKZ-W1 PRO "Biru Transparan"


Akhirnya bisa beli lagi Headset dari Knowledge Zenith karena memang cocok dengan karakter produk headset yang satu ini. Kali ini saya pilih warna biru transparan, karena ingin tampil beda, kebanyakan headset IEM paling warnanya hitam, kalau ada pun selingan dengan garis-garis warna, tapi ini full biru!

Dari penampilan tidak ada yang istimewa, bungkusnya malah mengecewakan, berupa box plastik, earpiece 3 pasang, dan unitnya sendiri, tapi kecuali satu! earphone bisa dilepas, dan posisinya dapat dibalik, tapi ya tetap saja, earphone yang kiri tetap kiri dan kanan tetap kanan, jadi nanti suaranya akan terbalik posisinya.



lihat lebih dekat karena casing-nya transparant bisa dilihat dalaman isi earphone ini. Pemakaiannya mengharuskan kabel muter lewat ke belakang telinga, tidak bisa langsung jatuhnya ke bawah, kalaupun bisa earphone akan mudah lepas!



kabelnya berupa ulir dan lemes, mudah diatur, mic dan tombolnya ada disebelah kiri.konektor yang dipakai sekarang berupa Y, penggunan laptop dan hanphone akan sangat membantu, tidak dengan PC.


earpiece, yang didapatkan ukurannya kecil-kecil, selisih ukuran mereka beda tipis, dari foto dibawah mungkin anda beranggapan earpiece tersebut sama saja.


Saatnya tes ini headset!

Pertama kali saat dipakai keluaran suara ya... seperti pada review yang saya baca, headset IEM ini unggul pada treble! Saat itu terpikir, yah... bassnya pasti ketinggalan dan lebih bagus yang seri ATR. Dengan sabar burn-in selama sebulan kurang lebihnya. Dan keluarlah karakter aslinya yaitu warm+sweet. sebenarnya bisa juga balance, jika menggunakan earpiece bawaanya dan tidak memakainya pun jangan terlalu dimasukan ketelingan, atau sekedar nempel saja, alhasil bassnya berkurang drastis.

Karena ukurannya yang kecil jika tiduran dan menghadap samping sedang menggunakan headset ini tidak akan mengganggu sama sekali beda dengan earbud atau KZ ATR yang ukurannya besar!

GAMING: 7/10. kurang cocok, karena kebanyakan treble, jadi sedikit membuat telinga geli dengan suara gemercing, apalagi game jenis shooter. tapi untuk staging-nya cukup bagus!

MUSIK: 8/10. Tujuannya treble itu di sini untuk menonjolkan clarity dari vokal. Bass bisa nendang jika dibantu dengan earpiece ukuran besar.

MOVIE:  8/10. voice clarity, bass, dan treble yang lebih, ternyata enak buat nonton movie, atau sekedar nonton youtuber banyak omong, macam review maksudnya.

kualitas keluaran mic masih sama dengan seri ATR, cukup jelas hanya saja, untuk W1 Pro jatuhnya pas dibawah dagu saat saya pakai, jadi harus menundukan kepala untuk berbicara. Menyulitkan saat sesi gaming online. apalagi tangkapan suaranya yang kurang sensitif.

Hanya ada dua perbedaan dari produk yang sebelumnya Knowledge Zenith ATR yaitu:
1. Treble lebih unggul untuk clarity voice
2. Bass lebih deep dengan earpiece ukuran besar
3. Micrphone diluar jangkauan.

KESIMPULAN

Untuk headset IEM harga dibawah 100 ribu, menurut saya masih pantas untuk kualitas yang diberikan. W1 pro dengan ATR memiliki karakter menonjol yang berbeda, ATR lebih bass, namun W1 bass bisa lebih deep dengan earpiece ukuran besar, lagi dibarengin dengan treble dan voice clarity andalannya.

Kelebihannya 
+ headset ini bisa dilepas-pasang, jadi kalau kabel yang rusak bisa beli lagi, tapi harganya mendekati headset itu sendiri.
+ dan menonjol di trebel dan voice clarity!
+ ukuran kecil masuk telinga lebih nyaman.

Kekurangannya
- earphone sering lepas pasang menjadikannya gampang rusak
- Kabel yang kecil gampang rusak. terutama dekat mic.
- Casing plastiknya ringkih.
- Kawat yang menyambung ke konektor agar bisa ditekuk kesana-kemari - gampang putus.

Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terimakasih telah membaca!

Posting Komentar

0 Komentar