Subscribe Us

Troubleshooting: Buka BIOS yang terkunci dengan Master Password


Bulan Mei kemarin saya sempat menangani laptop Acer yang downgrade OS dari windows 10 ke windows 7. Bukannya mudah bukan tinggal ganti OS? ternyata tidak lagi, banyak faktor yang membuatnya tidak bisa, dari tidak ada dukungan software driver sampai BIOS yang memaksa untuk menggunakan OS terbaru.

Jadi Laptop ini Acer ES11-131, harus menonaktifkan secure boot, mudah bukan? tapi diharuskan menggunakan password bios yang dibuat sendiri. Masalahnya karena setting BIOS komputer itu jarang sekali dipakai atau dipakai jika ada perlunya, seperti untuk keperluan perawatan atau perbaikan. Maka kejadian lupa password pasti ada! Dan minggu kemarin saya menerima laptop Acer ES14 yang BIOS-nya memiliki password, sedangkan saya butuh password untuk mengakses BIOS untuk keperluan analisa permasalahan laptop.

Hasil gambar untuk acer es11-131

Hasilnya, tidak bisa masuk ke BIOS, karena tidak tahu passwordnya hahaha...
Saya coba cari cara untuk membuka passwordnya, ada beberapa orang menyarankan untuk reset CMOS, hari gini reset CMOS?, lihat ini tahun berapa?! tentu teknologi baru sudah merubah, mengganti cara lama tersebut dengan meniadakan socket, pin, switch reset, atau bahkan baterai disolder. Dan tentu saja ada solusi untuk memecahkan masalah tersebut dengan menggunakan Master Password. Ya, setiap BIOS memiliki password utama dari perusahaan komputer tersebut untuk keperluan perbaikan dari mereka (service center).

Setiap komputer memiliki BIOS yang berbeda-beda, begitu juga denan master key-nya, Dan ada beberapa hal yang anda perlukan, sebagai berikut.
  1. Koneksi internet, karena anda harus mengakses situs penyedia Master Password. https://bios-pw.org/
  2. "key" password, bukan password asli tapi sebuah kunci atau petunjuk error untuk menemukan Master password. Key ini akan berubah-ubah, jadi tidak perlu disimpan. untuk mendapatkan key ini, anda harus memasukan atau mencoba membuka password sampai 3x atau lebih agar key muncul! (lihat gambar di atas artikel)
  3. Ingat atau catat key tersebut, lalu paste di web penyedia password di langkah pertama, dan klik cari.
  4. maka web akan menampilkan beberapa Master Password yang bisa anda coba untuk membuka password BIOS di komputer.

Begitulah cara singkat untuk membuka password bios, yang tidak diketahui atau lupa password-nya. Jika berhasil selamat untuk anda! Jika tidak, coba lakukan cara lama, seperti reset cmos, lepas baterai, matikan dan biarkan tidak terkena listrik sampai 5 menit, dsb.

Kesimpulannya, menggunakan master password sebenarnya untuk menghindari melakukan bongkar-pasang komputer, dengan tujuan lebih praktis dan menghemat waktu! Cara ini tidak hanya berlaku untuk laptop Acer tapi semua merk laptop.

Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terimakasih telah membaca!

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Ada solusi lain gk bang saya udah kaya gitu pas masukin master key nya masih blm bisa aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain pake master key saya tidak tahu.

      master key hanya bisa digunakan untuk sekali boot. coba masukan master key beda brand tidak apa2.
      kalo udah masuk hapus pass bios.

      Hapus

Cara Berkomentar
1. Kolom komentar akan aktif jika sudah login ke akun Google Anda
2. Gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti
3. Tiap komentar yang terkirim akan dimoderasi (dibaca admin)
4. Jika merasa komentar ditolak, baca ini: Bantuan dan Dukungan