Subscribe Us

Troubleshooting: Resolusi Widescreen untuk Game Lawas dengan WFP

Setelah beberapa tahun telah berlalu dan teknologi berkembang dan meningkat, dan bisa dijangkau dengan harga yang sama. Maka game yang tahun lalu yang belum sempat dimainkan dapat dimainkan dengan spek jaman sekarang walau dengan gpu onboard. Tapi masalah tetap muncul ketika monitor sekarang sudah mendukung resolusi HD tapi game malah belum mendukung resolusinya. Lalu solusinya? Berikut ada beberapa perbaikan (fix) untuk beberapa game kuno agar mau dimakan di resolusi HD / 720p

Kunjungi web ini! dan carilah game yang akan anda perlukan.


Cara penggunaannya pun mudah, tinggal ekstrak file dan folder dalam folder instalasi/base game. Setelahnya selesai, coba mainkan!



Game yang pernah saya coba:
  • Manhunt seri pertama. game ini mendukung resolusi 720p tapi anehnya ketika saya terapkan fix untuk game ini, masalah pada akhir dari stage “Doorway into Hell” yang tadinya langsung crash, bisa lanjut ke stage berikutnya. Dan AI yang kadang macet, tersendat, tidak bisa mengejar player, kini menjadi normal.

  • GTA San Andreas. Game ini lucunya tidak mendukung widescreen pada versi pertamanya. Padahal settind widescreen sudah diaktifkan, dan juga seri GTA sebelumnya mendukung resolusi 720p. Terlebih lagi ajaibnya frame limiter off tapi FPS yang didapat masih saja 25FPS. Dengan menerapkan fix dari web yang sama kedua masalah tersebut teratasi!


Perbedaan yang terlihat mencolok pada game GTA adalah HUD dan POV.


Heads Up Display seperti padap radar map sebelumnya terlihat lonjong. setelah menggunakan fix terlihat bulat. Sedangkan Point Of View, jarak kamera jadi tidak terlalu dekat, agak mundur sedikit kebelakang. Ini berdampak pada pergerakan kamera, akan menjadi sangat cepat/sensitif, terutama jika memainkan game jadul di spek modern, ditambah lagi menggunakan mouse gaming beribu-ribu dpi.

Walau tidak semua game tersedia pada web tersebut, tapi sangat membantu! bagi orang yang ingin memainkan kembali game jadul dengan resolusi widescreen.

Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terimakasih telah membaca!

Posting Komentar

0 Komentar