Subscribe Us

HEADSET: ROCK Zircon "Tebusan yang Pantas"

Lama saya pakai QKZ W1 pro kemudian rusak, kini saya cari penggantinya. Tentu bosan dengan brand QKZ atau KZ, walaupun itu salah satu merk favorit saya, karena memang cocok di telinga. Dari ROCK seri Zircon. Earphone yang masih saya sukai adalah tipe IEM, karena juaranya kedap suara. Coba lihat earphone satu ini.

UNBOXING


Ya ukurannya yang sangat kecil, dan ringan membuat headset ini nyaman untuk dipakai di waktu yang lama, malah bisa sampai lupa. Ditambah lagi eartips-nya yang benar-benar lembut. Eaphone warna hitam terbuat dari plastik tadinya saya kira metal. Dengan ujungnya yang runcing, dan warna emasnya menambah kesan feminim pada pemakainya.


Disediakan tiga macam ukuran eartip. Yang paling menonjol ini dari headset IEM lain yang pernah saya miliki adalah lubangnya besar, lebih besar dari Abingo S500i. Ketiga ukuran ini tidak memberikan efek apapun menurut saya.



Ukuran kecil ini hanya cocok untuk dipakaikan dengan cara terbalik atau kabel lewat dibelakang telinga. Bisa dipakai didepan telinga, tapi akan mudah lepas, andai saja bisa lebih panjang sedikit mungkin bisa masuk secara pas. 


Ukuran sedang, bebas. Ukuran Besar, pakai di depan telinga layaknya earbud. Kalaupun dibalik akan terasa lebih menonjol sehingga tidak pas.

Kabel


Bagian ini yang paling saya tidak suka. Menggunakan bahan karet. Kabel ini sudah tipis, ditambah karet yang susah diatur atau gampang nyangkut, seperti KZ ATE. Di bawahnya dibuat braided, ala kabel seterika. Untuk kabel ini lentur tidak keras atau kaku, berjalannya waktu siap-siap kabel mbrudul serat benang keluar. Walaupun demikian, kedua bahan ini lembut. Tampak produsen membuatnya dengan serius. Sayangnya Kabelnya terbilang lebih pendek dari biasanya, karena ukuran 1,2m (umumnya 1,5m) Jadi ngepas saat dipakaian di handphone dan disakukan di belakang celana.

Jack Konektor


Menggunakan Jack 3.5mm combo. mic dan earphone menyatu. Jack ini dibuat dari bahan metal, dan ukurannya kecil jadi tidak mudah tersangkut saat dipakaikan ke handpone dan dimakukan kedalam celana. Dan karena lagi, ukurannya yang kecil jadi nyaman digunakan saat bermain game mobile online tidak menghalangi jari untuk mengendalikan permainan. Sialnya ketika handphone panas saat bermain game, jack ini juga ikut panas dan lama-kelamaan malah mengganggu.

Microphone


Microphone terbilang jernih sama seperti seri QKZ atau KZ. bentuknya lebih sederhana dan kecil, dibuat dari metal yang membuat beratnya membuat kable jatuh lurus, tepat di bawah dagu atau leher, tergantung cara pakai. Karena lagi, ukurannya yang kecil kadang sulit untuk menemukan mic tanpa melihatnya. Ditambah posisi mic ada disebelah kanan. Ini cukup merepotkan dikala digunakan saat mengendarai motor atau yang terbiasa dengan mic sebelah kiri akan sedikit canggung saat menggunakannya.


REVIEW

Music: 8/10
Sudah cukup seminggu saya gunakan dan ini hasilnya? Satu yang saya temukan berbeda dari IEM headset yang pernah saya miliki adalah sound isolation. Benar lebih kedap suara. Memberikan efek bass yang dalam dan nendang serta treble yang jernih dan renyah. Di sisi vokal, suara male lebih enteng, dan vokal female lebih jernih, tapi suara vokal ini agak sedikit kebelakang karena terhimpit bass dan trebel. Seperti label dari ROCK memang cocok untuk musik ROCK, alternatif, metal! Saya coba musik akustik dan jazz biasa saja, pop dan elektronik kurang. 

Gaming: 3/10
Beberapa game sudah dicoba seperti Alice: Madness Return (action), GTA IV (open-world) dan Dirt 3 (racing). Dari ketiga game tersebut tidak ada kesan dari sebuah headset yang membuat permainan menjadi wah, bahkan software DPS Bongiovi tidak memberikan efek ekstra. Saya rasa game FPS kompetitif juga sama, karena staging dari headset ini sempit.

Movie 3/10
Sama seperti game tidak ada yang istimewa. kecuali jika digunakan untuk hanya mendengarkan suara orang, seperti drama, podcast, berita, ceramah, dsb. masih ok karena sisi vokal justru lebih unggul dan tidak banyak elemen yang masuk seperti lingkungan, sound fx, dsb.

Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terimakasih telah membaca!

Posting Komentar

0 Komentar