Subscribe Us

Tutorial: Aktivasi Windows Original (Manual)

Mengaktifkan windows adalah hal yang harus dilakukan setelah instalasi windows 10, agar semua fitur yang dimilikinya dapat dinikmati. Jika anda mencari cara untuk mengaktifkan windows (bajakan) maka lebih baik anda lewati artikel satu ini karena anda tidak akan menemukannya!

Dalam artikel ini skenarionya adalah:
  • Secara tidak sengaja melakukan aktivasi melalui software activator windows bajakan pada komputer yang terpasang windows asli.
  • Gagal mengaktifkan windows pre-instal pada komputer yang anda beli.
  • Dari windows bajakan beralih ke windows asli. Anda memiliki file instalasi windows bajakan, karena sudah memiliki key asli maka anda tidak perlu menginstal ulang windows untuk memasukan key tersebut, hemat waktu.
Caranya sih cukup mudah kalau melalui dari System setting – activation – change key. Namun kadang prosesnya lama bahkan terjadi kegagalan, maka dari itu saya buat tutorial yang cukup mudah diikuti dan dijamin berhasil, karena sudah saya coba dari semua skenario di atas dan dari beberapa komputer berhasil semua!

Perlu diketahui Key windows ada dua macam yaitu: volume (banyak komputer terbatas) dan retail (satu komputer). Ketika key terdaftarkan maka windows akan mengirimkan informasi dari komputer anda, dengan kata lain mendaftarkan komputer anda ke server microsoft.

INGAT!
1 Key versi windows tidak bisa digunakan di versi windows lain. Contoh, Key Win 10 Home, tidak bisa digunakan di Win 10 Pro.

Sebelum melakukan aktivasi pastikan bahwa komputer harus terhubung dengan internet. maksudnya untuk memvalidasi key yang ada miliki dengan server Microsoft.


Download Windows 10 Product Key Tool, cara penggunaannya bisa lihat di artikel sebelumnya, yaitu Windows OEM Product Key Tool, silahkan bisa dibaca terlebih dahulu.

Hasil gambar untuk cmd vs powershell

Buka command prompt (admin) atau Windows Powershell (admin), harus yang admin, jika tidak, tidak bisa melakukan perintah-perintah dibawah ini. Karena keterbatasan akses yang diberikan oleh windows kepada program software tersebut. Jika sudah dijalankan lalu ketikan perintah seperti dibawah ini:

slmgr -dlv

Memeriksa visual basic. Kalau anda menginstall software antivirus smadav, secara default antivirus tersebut menon-aktifkan visual basic pada windows. Lebih baik sebelum melakukan perintah di atas matikan dulu antivirus satu ini, dari pada mengganggu.



slmgr -upk

Hapus key yang sudah terpasang pada windows. Biasanya jika anda menginstal windows bajakan yang "tidak ada perintah untuk memasukan key windows", otomatis sudah dimasukan saat penginstalan windows. Dan tentu key tersebut sudah banyak digunakan oleh orang lain, maka dari itu key sudah tidak valid.

slmgr -ipk [key]

Melakukan pemasangan key yang asli, kata [key] pada perintah di atas diganti dengan key yang anda punya. Jika tidak sengaja tidak memasukan key, atau key yang dimasukan salah, maka akan muncul keterangan error seperti pada langkah awal. Bukan masalah, karena hanya permberitahuan dari windows akan keterangan lain-lain dan bahwa key masih kosong.

slmgr -ato

Melakukan aktivasi, Windows akan menjalankan aktivasi . Peringatan seperti gambar diatas tidak selalu bisa menjadi acuan bahwa windows telah aktif. Kadang peringatan yang muncul aktivasi gagal, tapi setelah dilihat melalui sistem – activation, windows sudah aktif.


Dan... selamat jika anda sudah berhasil mengaktifkan windows original!

Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terimakasih telah membaca!

Posting Komentar

0 Komentar