Subscribe Us

Tutorial: Merakit PC #5 "Install Software"

Hasil gambar untuk install software

PC sudah selesai dirakit dan bisa booting, senangnya luar biasa. Tunggu dulu! Jangan selebrasi, masih ada tugas yang harus diselesaikan. Berikut tugas-tugas yang perlu dilakukan sebelum ada bisa menggunakan PC secara normal.

1. Setup BIOS/UEFI

Hasil gambar untuk bios

Secara otomatis akan masuk ke BIOS jika anda belum menginstal OS. Nah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

Tanggal dan Jam

Meskipun bisa sinkron otomatis saat terkoneksi dengan internet. Ada baiknya dilakukan secara manual. Terutama jika menggunakan UEFI, konfigurasi yang telah dibuat bisa disimpan melalui log, atau screenshoot. Ketika melakukan penyimpanan akan terekam waktunya kapan. Sehingga memudahkan untuk dokumentasi.

Media Booting
Urutan booting yang pertama adalah USB flasdisk atau ODD. Tujuan awalnya untuk instal OS karena baru saja selesai rakit PC. agar nantinya langsung detek dan masuk ke setup instalasi OS.
Urutan bootting kedua adalah penyimpanan utama, SSD/HDD yang akan dipasang OS didalamnya.

Setting BIOS/UEFI sementara dua hal tersebut, karena gampang dicari. Selebihnya bisa anda cari referensi dari tiap menu dan fitur yang dimiliki motherboard, tidak saya berikan secara lengkap karena tiap BIOS/UEFI berbeda-beda menunya tergantung dari vendor. Jika anda salah melakukan konfigurasi, pada menu exit ada pilihan untuk reset default configuration, jadi tenang saja.

2. Instal Sistem Operasi

Hasil gambar untuk os

Persiapan awal sebelum melakukan instalasi OS adalah memiliki software OS yang akan diinstal ke PC, anda dapat menemukan software OS diblog ini. Lalu bisa burning ke DVD atau membuat USB drive bootable. cara membuat booting USB drive bisa merujuk ke posting berikut:

BACA: Membuat USB Drive Bootable
Adapun tutorial instalasi OS juga sudah ada diblog ini tinggal dicari.

3. Instal Driver

Hasil gambar untuk software driver

Setelah menyelesaikan instalasi OS, software kedua yang harus diinstal adalah driver. Software ini untuk bertujuan agar hardware berfungsi secara semestinya. Jangan menggunakan bawaan dari windows. untuk mendapatkan driver ini bisa download melalui website resmi mereka atau menggunakan jasa drive downloader seperti DrivePack, atau bisa dicari secara mandiri di situs tersebut. Berikut driver yang perlu diinstal:
  • Chipset : untuk motherboard dan CPU
  • VGA : kartu grafis, mengaktifkan GPU
  • Sound : suara untuk speaker atau perangkat audio lainnya
  • USB 3.0 : sudah terinstal dari bawaan OS tapi siapa tahu dari produsen motherboard lebih baik
  • Network (LAN/Wifi/bluetooth): siapa yang tidak mau komputer terkoneksi dengan internet?
  • external (Printer, controller, headset, dll): perangkat tambahan yang sifatnya opsional.
Semakin banyak hardware yang terpasang, semakin banyak pula driver yang diinstal. tapi yang utama adalah yang ditandai cetak tebal.

4. Instal Sofware/Aplikasi

Hasil gambar untuk software applications

Sebenarnya software produktifitas itu tergantung kebutuhan user. Tidak perlu semua instal, cukup yang dibutuhkan saja. Secara umumnya software yang harus ada sebagai berikut:

Antivirus
boleh instal sesuai pilihan jika tidak percaya dengan bawaan OS. Banyak antivirus yang tersedia dipasaran, dan tentu tidak semuanya gratis, dan pemilihan antivirus ini saya tidak bisa merekomendasikan. Soal keamanan kembali kepada kepercayaan user terhadap perusahaan antivirus.
Jangan instal antivirus lebih dari satu karena akan membebani sistem terutama yang masih menggunakan storage HDD. Karena tiap kali anda membuka/mengakses suatu folder atau file yang menyebabkan komputer lambat, yang disebabkan oleh dua antivirus yang bekerja.

Apa saja antivirusnya, jangan lupa untuk rutin update, dan backup data penting anda. Bisa saja dilain waktu anda ceroboh memasukan virus yang merusak sistem operasi. Jadi tetap waspada mesikup ada antivirus.

Browser

Lagi-lagi tidak ada rekomendasi, soal browser adalah soal kenyamanan user  berinteraksi dengannya. Dari banyak browser yang ada dipasaran dan saya coba, ternyata pilihan jatuh ke pada Slimjet dan Edge yang menggunakan engine chromium. 

Kegiatan browsing tidak lengkap tanpa downloading. ada dua software downloader yang sekarang menjadi pilihan, yaitu XDM dan FDM, keduanya sama-sama tiruan IDM

Office Suite

Software yang umumnya untuk pekerja kantoran ada 4 software yang menjadi pilihan pekerja kantoran yaitu:

  • Microsoft Office. Sudah terkenal dari jaman dulu dan sekarang sudah besar, dan ada fasilitas online.
  • WPS Office. Software dari china ini hampir menyaingi Microsoft office, dengan ciri khas produk cina yang jago copas.
  • Softmaker Office. versi mini-nya dari microsoft offie 2007, dengan tampilan 2013 yang menjadi sangiannya Google Doc.
  • LibreOffice. Untuk orang yang gagal move on dengan microsot office 2003
Dari keempatnya menyediakan paket lengkap, olah dokumen, data, dan presentasi.

Masih soal software kantoran kadang membutuhkan PDF editor, rekomendasi saya ada dua, yaitu foxit reader, dan nitro PDF. kalau hanya sekedar untuk membaca dokumen PDF bisa menggunakan browser atau SumatraPDF.


Multimedia Player.
  • AIMP. Renkarnasi dari winamp, dengan multi playlist
  • K-lite codec pack with MPC. Meskipun tua tapi tetap paling ringan dengan banyak plug-in 
  • PotPlayer. Player gabungan GOM Video dan AIMP.
  • VLC. Merupakan player satu untuk semua, selain memutar video dan audio juga dapat memainkan radio internet (podcast)

Software Utility

WinRAR / 7zip. Guna dari software ini adalah untuk membuka file yang berupa arsip dengan format .rar, .zip, atau .7z. Software ini diperlukan saat anda mendownload file dari internet secara masalah, dan tidak mungkin download satu persatu, sehingga paketkan dalam format arsip tersebut. ataupun anda mau upload file dalam jumlah yang banyak.

Software Cleaning. Tidak perlu, sekarang banyak software penipuan (scam), bukannya membersihkan sistem malah menyusupi virus. Akhirnya membebani sistem. Bahkan yang dulunya terkenal seperti CCleaner, juga berulah semenjak kepemilikannya berpindah tangan.

Software utilitas lainnya biasanya terpasang bersamaan dengan instal driver, atau bisa juga disebut software driver. contohnya adalah WiFi scanner, sound, MSI afterburner, dsb.

Software Pilihan Pribadi

Maksudnya adalah software khusus seperti video editor, game, software desain. Saya tidak bisa menyarankannya mana yang terbaik karena sekali lagi kembali dari kenyamanan user. Tapi ada yang perlu diperhatikan dari poin ini adalah, adanys software tambahan yang harus terpasang agar software tadi dapat berjalan, seperti:

Microsoft Visual C++ Redistributable, .NET Framework, DirectX. 

Gunanya ketiga software di atas untuk menjalankan software utamanya, dan terisntal bersamaan dengan software utama. Tapi ketiga software tambahan tersebut tidak tersedia jika didapat dari software bajakan. Jadi user harus download secara mandiri software tambahan tersebut.

Dari semua software yang saya jelaskan ada yang sangat perlu diingat yaitu

JANGAN UPDATE JIKA SOFTWARE BERJALAN NORMAL!

Sebab software terbaru belum tentu aman dan stabil untuk sistem komputer anda. Jangan karena update otomatis malah mengacaukan pekerjaan anda. Kecuali database antivirus yang harus rutin update, sedangkan software antivirusnya tidak perlu!

Posting Komentar

0 Komentar